Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat yang Berada di Luar Kota

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, meskipun sudah ada email, aplikasi chating, dan berkirim pesan SMS, tapi bagi sebagian orang menyukai aktivitas korespondensi atau surat menyurat. Bagi Kamu yang masih suka berkorespondensi, tentu mengetahui apa itu surat pribadi. Yakni surat yang ditujukan kepada seseorang dengan bahasa surat yang informal atau bahasa sehari-hari.

Menyenangkan rasanya jika bisa saling berkirim surat dengan sahabat pena Kamu. Apalagi jika Kamu dan sahabat Kamu terpisah oleh jarak yang sangat jauh, saling berkirim surat akan memunculkan kerinduan tersendiri. Nah, bagi Kamu yang membutuhkan referensi dalam menyusun surat pribadi, Kamu sudah tepat membaca artikel ini, karena pada artikel ini kami akan menyajikan contoh surat pribadi.

Pengertian dan Ciri-Ciri Surat Pribadi

sahabatkupena.wordpress.com

Surat pribadi adalah surat yang dibuat untuk kepentingan pribadi. Jenis surat pribadi ditulis secara personal dan ditujukan untuk orang lain, baik itu teman jauh, kenalan, teman perjalanan, sahabat, kekasih, kerabat, keluarga dan lain-lain.

Dalam menulis surat pribadi, penulis tidak memiliki aturan yang terlalu mengikat seperti halnya surat resmi. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi nonformal, tidak baku, dan boleh ditulis menurut selera masing-masing penulis. Namun tentunya, dalam memakai bahasa harus tetap sopan dan beretika, serta disesuaikan dengan latar belakang penerima surat.

Ciri-ciri khusus surat pribadi yang membedakan dari surat resmi antara lain: surat pribadi tidak menggunakan kop/kepala surat, penulis tidak perlu mencantumkan nomor surat. Selain itu, salam pembuka dan salam penutup dalam surat pribadi juga bervariasi dan lebih santai. Penggunaan bahasa bebas dan tidak baku sesuai selera masing-masing penulis, dengan format surat bebas.

Untuk membuat surat pribadi sangatlah mudah dilakukan, karena tidak memiliki aturan yang mengikat. Di dalam surat pribadi terdapat bagian-bagian seperti alamat penerima surat, tempat dan tanggal dituliskannya surat, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup, serta salam penutup.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat dan Teman

panjiirfan.wordpress.com

Surat pribadi untuk sahabat dan teman tentunya lebih fleksibel dan bebas dari aturan penulisan surat. Kamu cukup menuliskan apa yang ingin Kamu sampaikan kepada teman Kamu dalam bahasa sehari-hari sesuai dengan latar belakang Kamu dan teman Kamu. Berikut adalah contoh surat pribadi pendek yang bisa menjadi referensi Kamu.

 

Yogyakarta, 9 Juni 2017

Assalamualaikum WR. WB.

Hai Ani, sahabatku yang manis

Bagaimana kabar kamu sekarang? Semoga kamu baik-baik disana ya. Aku di sini Alhamdulillah sehat selalu. Oh ya, bagaimana kabar kuliah kamu? Lancar kah, An?

Ani, aku ingin deh mengunjungi kamu di Bandung, ketemu sama kamu dan keluarga kamu di sana. Aku punya rencana bulan depan ke rumah kamu lho. Boleh kan An aku mampir-mampir ke rumah kamu? Aku sangat merindukanmu An. Sudah lama kita gak pernah ketemu semenjak lulus SMA. Aku pengen tahu apakah kamu sudah tambah tinggi dan bagaimanakah perubahan wajah kamu sekarang ini? Hehe.

Ani, aku sebenarnya pengen banget ngobrol banyak sama kamu. Nanti kalau aku mampir ke rumahmu, kita ngobrol yang banyak yaaa. Ani, sudah dulu ya surat ini. Pokoknya aku rindu banget sama kamu Ani. Jangan lupa dibalas loh, An. Aku tunggu yaa!

Wassalamualaikum WR. WB.

Salam rindu, dari sahabatmu

Soehay Sarasvati

Demikianlah contoh surat pribadi yang baik dan benar. Contoh tulisan ini bisa menjadi referensi dalam menulis surat kepada teman dan sahabat Kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat adalah telitilah alamat surat agar surat Kamu sampai ke tujuan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu dan menambah wawasan Kamu tentang contoh surat pribadi. (Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri)

Leave a Comment