Mengenal Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Surat permohonan diperuntukkan bagi Anda yang memiliki permintaan tertentu kepada lembaga ataupun perorangan. Permohonan tersebut dapat berupa barang, jasa maupun kesediaan meminjamkan suatu tempat. Contoh surat permohonan banyak kita temui sehari-hari untuk melaksanakan suat kegiatan.

Tak hanya pada kegiatan saja. Di lembaga-lembaga tertentu surat permohonan ini juga sering digunakan untuk meminta bantuan berupa barang dan jasa antar lembaga maupun antar divisi. Pentingnya surat permohonan ini karena untuk mengatur segala izin resmi yang akan di pertanggungjawabkan ketika barang, jasa, dan dana ketika dikeluarkan.

Bagi Anda yang bekerja di bagian arsip atau di instansi tertentu harus mempelajari cara membuat surat permohonan yang baik dan benar. Sebenarnya masih banyak yang belum mengenal surat resmi yang berupa surat permohonan ini. oleh karena itu yuk simak bersama-sama contoh surat permohonan berikut ini.

Hal yang Harus Ada Pada Surat Permohonan

ratnawahyu36.wordpress.com

Hal-hal yang harus ada pada surat resmi pada umumnya juga harus ada pada surat permohonan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah kop surat. Kop surat ini berisi identitas dari lembaga atau instansi yang mengirim surat permohonan tersebut. Pada kop surat ini juga harus mencantumkan alamat lengkap pengirim.

Selanjutnya adalah nomor, lampiran jika diperlukan, dan hal. Nomor ini berisi identitas dari arsip surat yang akan dikirimkan. Hal adalah tujuan dari dibuatnya surat tersebut. Kemudian tujuan dari surat haruslah jelas. Pada bagian ini berisi tujuan untuk siapa surat tersebut dikirimkan .

Isi surat, pada bagian ini menerangkan maksud dan tujuan dari surat permohonan yang dibuat. Bahasa yang digunakan haruslah bahasa baku, bukan bahasa slang ataupun bahasa masa kini. Isi surat hendaknya juga menyertakan identitas, keperluan, dan alasan kenapa dibuat surat permohonan. Surat tersebut akan lebih baik jika dibuat persuasif.

Terakhir adalah tanda tangan dari pengirim surat. Jika pengirim surat adalah perorangan tidak perlu ditambahkan stempel khusus. Apabila pengirim adalah lembaga surat tersebut hendaknya dibubuhi oleh stempel resmi lembaga tersebut.

Contoh-Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Surat permohonan yang umumnya dibuat seperti contoh surat permohonan izin. Salah satu contoh dari surat permohonan izin ini misalnya adalah surat permohonan izin untuk kegiatan tertentu ataupun pengadaan barang tertentu. Surat permohonan tersebut dapat berupa surat permohonan pribadi maupun surat permohonan yang dikirim oleh lembaga.

Jenis surat permohonan lainnya adalah contoh surat permohonan dana. Pada surat permohonan dana biasanya disertakan pula proposal kegiatan ataupun proposal pengadaan dana, agar penerima surat mengetahui untuk apa permohonan dana tersebut akan digunakan dalam acara yang diselenggarakan oleh pengirim. Pengirim bisa merupakan kelompok tertentu seperti OSIS ataupun ekstrakurikuler disekolah.

Pengirim lain yang dapat mengirimkan surat permohonan dana ini adalah lembaga atau instansi yang membutuhkan dana untuk kegiatan ataupun keperluan tertentu ditempatnya. Surat permohonan juga bisa dikeluarkan oleh perusahaan untuk meminta bantuan dana. Siapa pun bisa mengirimkan surat permohonan dana disertai dengan tujuan yang jelas dan peruntukan  yang jelas pula.

Pentingnya Mempelajari Surat Permohonan

scribd.com

Mempelajari surat permohonan sangat penting terutama bagi Anda yang tergabung dalam organisasi atau bekerja dalam lingkup pengarsipan dan perizinan. Dibutuhkan kemampuan menulis surat permohonan agar segala jenis kegiatan yang akan dilaksanakan, barang ataupun jasa yang diperlukan, dapat terpenuhi.

Nah, demikian ulasan mengenai contoh surat permohonan. Apakah Anda sudah paham dan mengenal surat permohonan? Anda sudah bisa membuatnya tanpa ragu lagi sekarang. Karena surat permohonan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba !

Leave a Comment