beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Kamu yang Ingin Resign Kerja

Contoh surat pengunduran diri ini dikhususkan untuk kamu yang sudah muak bekerja sebagai karyawan. Banyak faktor yang membuat karyawan mengundurkan diri dari perusahaan, bahkan tempat yang pernah diimpikannya. Baik itu karena gaji yang tidak sesuai, tidak jelas job desk atau pun karena tak kunjung tanda tangan kontrak sehingga tidak mendapatkan hak-hak karyawan seutuhnya.

Jika kamu benar-benar sudah membulatkan tekad untuk mengundurkan diri, maka hal selanjutkan yang harus dilakukan adalah menulis surat pengunduran diri. Karena kalau hanya sebatas chat WA, tidak bisa diproses secara resmi.

Menulis surat pengunduran diri harus dengan sopan dan jelas. Sopan berarti menggunakan kata-kata yang pantas. Dan juga harus jelas alasan mengapa kamu ingin keluar dari tempat kerja saat ini. Berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri yang pasti disetujui oleh atasan.


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Simpel


contoh surat pengunduran diri atau resign yang baik dan benar

www.gudangmakalah.com


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar


Depok, 30 Mei 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mencari Barokah
Jl. Raya Tanpa Gang No 13
Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Herdi Karybia bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mencari Berkah sebagai Operator Komputer, terhitung dari tanggal 4 Juni 2017. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan juga kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Mencari Barokah. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman membuka usaha sendiri.

Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Mencari Barokah apabila selama saya bekerja banyak kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap PT. Mencari Barokah semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Herdi Karybia


Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Resmi


surat pengunduran diri atau resign resmi

gambarmemelucu.co


Contoh Surat Resign Bagi yang Sudah Kontrak


Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Mencari Cinta
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Mencari Cinta berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang Tenaga Kerja yang melingkupinya, yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama : Herdi Karybia
Departemen : PT. Mencari Cinta
Jabatan : Staff Office Boy
No. Karyawan : 000675

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Mencari Cinta dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun dimakan usia. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya saat ini dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Herdi Karybia

Nah, itulah beberapa contoh surat resign atau pengunduran diri yang dapat kamu tiru untuk diajukan ke bagian HRD. Perlu kamu ketahui, jika kamu mengajukan pengunduran diri, tentu saja akan ada beberapa dampak yang akan kamu terima. Hal ini dikarenakan dari isi kontrak yang sebagian besar orang tidak membacanya. Bahkan ada perusahaan yang mengharuskan karyawannya membayar ganti rugi jika ingin mengundurkan diri sebelum habis kontraknya.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan surat pengunduran diri, pikirkanlah secara matang.  Namun, jika keluar dari perusahaan tersebut merupakan jalan terbaik, maka tidak usah ragu lagi. Terlebih jika kamu sudah menemukan perusahaan yang lebih baik atau kamu punya planning membuka usaha sendiri, maka langsung ajukan sekarang juga.

Oh ya, surat pengunduran diri di atas hanya bisa diajukan oleh karyawan yang sudah resmi kontrak atau tetap. Jika kamu sampai saat ini belum tanda tangan kontrak, maka bersabarlah, ini ujian, ujian dari Allah. Mohon maaf jika ada salah, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya! 😀

Leave a Comment