Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik Beserta Tips Menulisnya

Bagi Kamu yang baru saja lulus kuliah atau hendak pindah pekerjaan, tentu Kamu membutuhkan surat lamaran kerja sebagai salah satu syarat umum dalam melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan berisi kalimat permohonan untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Sebenarnya, sudah ada banyak sekali contoh-contoh surat lamaran kerja di internet. Namun disini akan diberikan beberapa informasi lengkap terkait cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta contohnya.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


Bagian yang terpenting menulis surat lamaran kerja adalah dengan meneliti apa saja yang harus dituliskan di dalam surat lamaran. Jika Kamu ingin lolos seleksi kerja di perusahaan impian, maka tulislah surat lamaran yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Buatlah Lamaran yang Rapi, Singkat, Padat, dan Jelas

Pertama adalah pastikan Kamu memperhatikan kerapian tulisan jika pada persyaratan adalah menulis lamaran dengan tulis tangan. Atau gunakanlah program komputer sehingga surat lamaran Kamu bisa terlihat lebih rapi dan mudah dibaca orang lain jika tidak ada syarat lamaran tulis tangan.

Kedua, buatlah kalimat yang singkat, padat dan jelas dalam surat lamaran Kamu. Hindarilah penggunaan kalimat yang bertele-tele. Gunakan bahasa formal yang mudah dimengerti orang lain. Kamu tidak perlu mengungkapkan semua prestasi Kamu di dalam surat lamaran, karena semua kemampuan dan keterampilan bisa Kamu jelaskan lengkap di CV. Cukup unggulkan beberapa kemampuan penting saja.

Jangan lupa berikan kesan terbaik bagi perusahaan dengan menjelaskan pengalaman terbaik Kamu yang pekerjaan yang akan dilamar. Sehingga perusahaan tersebut bisa yakin meloloskan Kamu ke tahap selanjutnya dari pengalaman yang sudah Kamu miliki.

Dalam menulis surat lamaran kerja, usahakan tulis secara jelas dan menjual. Diparagraf terakhir, perlu Kamu tegaskan betapa Kamu membutuhkan posisi tersebut dan menginginkan perusahaan tujua itu menghubungi Kamu. Buatlah paragraf penutup yang jelas dan berisi harapan yang baik danĀ  tidak terlalu berlebihan juga tidak terlihat acuh.

Lengkapi Semua Berkas Lamaran Kerja Kamu

tipskerjabali.blogspot.co.id

Setelah urusan menulis surat lamaran kerja selesai, maka selanjutnya adalah mempersiapkan semua berkas lamaran kerja yang disyaratkan oleh perusahaan yang Kamu lamar. Jangan sampai satu pun terlewatkan karena kelengkapan berkas menjadi salah satu kriteria lolosnya calon pekerja.

Jika Kamu mengirim secara email/online, usahakan hasil scan berkas sudah diubah ke ukuran yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager, Paint, dll.

Selain itu, pahamilah persyaratan yang diberikan oleh perusahaan tujuan Kamu. Persyaratan antar perusahaan biasanya berbeda-beda. Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta diperlukan pada aplikasi lowongan pekerjaan. Jadi telitilah!

Telitilah Setiap Kalimat dalam Surat Lamaran Kerja Kamu

Usahakan Kamu membuat surat lamaran di kertas yang bersih. Hindari salah ketik. Selanjutnya, pastikan Kamu sudah menandatangani surat lamaran pekerjaan tersebut. Tanda tangan menunjukkan keaslian dari diri Kamu .Karenanya, sebelum mengirim surat lamaran kerja, cek ulang lagi surat lamaran Kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Benar yang Bisa Kamu Gunakan

 


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


RocketManajemen.com

Contoh surat lamaran kerja yang baik cukup banyak. Kamu bisa menjadikan salah satunya sebagaiĀ  contoh surat lamaran kerja yang akan Kamu buat. Pastikan jika surat lamaran kerja dibuat dengan benar agar Kamu diterima kerja.

Contoh surat lamaran kerja resmi harus disesuaikan dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan impian Kamu. Isilah biodata diri selengkap-lengkapnya dan masukkan kemampuan dan prestasi yang bisa memberikan keyakinan kepada perusahaan tersebut untuk meloloskan Kamu ketahap berikutnya. Pastikan informasi yang terdapat dalam lamaran kerja Kamu menggambarkan pribadi Kamu.

Nah demikianlah artikel sederhana tentang contoh surat lamaran kerja. Buatlah surat lamaran kerja dengan baik dan jujur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Kamu yang sedang berjuang mencari pekerjaan dan posisi yang diimpikan. Selamat mencoba! (Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri)

Leave a Reply