Contoh Surat Kuasa dan Jenis-Jenisnya

Jenis surat kuasa memang beragam dan memiliki perbedaan dalam penggunaannya dan juga ada sedikit perbedaan dalam penulisannya. Surat kuasa dibagi ada 3 jenis yaitu surat kuasa perorangan, surat kuasa dinas, dan surat kuasa istimewa. Ingin tahu lebih lengkap? Simak ulasan berikut tentang jenis dan contoh surat kuasa yang baik dan benar.

Surat kuasa biasanya dipakai untuk memberikan sebuah wewenang atau kuasa kepada seseorang yang dapat diakui bisa melakukan tindakan atas nama orang yang telah diberikan kuasa. Alasan pemberian kuasa ialah karena pemberi kuasa tidak mampu mengerjakan suatu hal secara langsung. Pihak pemberi kuasa biasanya tidak hanya perorangan akan tetapi juga bisa instansi tertentu.

Penulisan surat kuasa harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti karena menyangkut pemberian kuasa pada seseorang. Pemberi kuasa atau wewenang seharusnya juga bijak dalam memilih orang yang akan diberikan kuasa. Selain itu, pemberi kuasa yang kurang cermat, tentu akan merugikan

Jenis Surat Kuasa

RocketManajemen.com

Surat kuasa perorangan biasanya surat kuasa yang didapatkan pada seseorang yang dapat diakui untuk melakukan suatu hal guna kebutuhan pribadi orang yang telah memberikan kuasa. Sedangkan surat kuasa kedinasan adalah jenis surat kuasa yang dibuat oleh suatu lembaga atau instansi tertentu.

Contoh surat kuasa perorangan yang benar yaitu dibuat dengan tidak perlu mencantumkan nomor surat. Akan tetapi bila digunakan untuk kebutuhan kedinasan maka tetap memerlukan nomor surat. Surat kuasa dengan jenis perorangan hendaknya dibuat tanpa unsur pemaksaan dari pihak lain dan seharusnya diberikan kepada orang yang telah dipercaya.

Untuk surat kuasa kedinasan hendaknya mencantumkan nomor surat dan dilengkapi dengan stempel lembaga terkait sehingga keabsahan surat kuasa terjamin. Pada pembuatan surat kuasa baik perorangan, kedinasan, dan istimewa lebih baik mencantumkan tanggal pembuatan surat kuasa, lalu ditandatangani oleh pemberi dan penerima surat sehingga jelas dan tidak menimbulkan polemik.

Syarat Surat kuasa

jeffnielsen.com

Beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penulisan surat kuasa antara lain adalah judul surat kuasa, profil pihak-pihak yang terkait, serta tujuan pembuatan surat kuasa. Pihak-pihak yang terkait seperti catatan profil penerima kuasa memang perlu dicantumkan sehingga pengalihan wewenang dapat berlangsung dengan jelas dan ditujukan pada orang yang tepat.

Pihak penerima wewenang atau kuasa memang harus ditunjuk dengan tepat karena menyangkut tanggung jawab dalam melaksanakan wewenang. Jadi orang yang telah ditunjuk akan melakukan beberapa wewenang yang seakan dilakukan oleh pemberi kuasa untuk berbuat suatu hal atau bertindak sesuai dengan wewenang yang telah diberikannya.

Surat kuasa juga harus dibuat dengan jelas termasuk tujuan pembuatannya, bila tidak maka akan banyak menimbulkan masalah baru. Contoh surat kuasa biasa ataupun khusus yang benar yaitu memperhatikan tujuan pembuatannya misalnya seperti pelimpahan wewenang dalam pengambilan upah, pengambilan suatu barang, dan sebagainya.

Kegunaan dari surat kuasa memang sangat banyak, hal utama pembuatan surat kuasa adalah untuk mempermudah suatu hal dan juga bisa dapat menyelesaikan masalah. Contoh Surat kuasa tidak hanya dipakai oleh perorangan akan tetapi juga banyak instansi yang bisa membuat surat kuasa untuk memberikan kewenangan kepada pihak lain untuk melakukan suatu tindakan tertentu hingga berakhirnya surat kuasa.

Contoh Surat Kuasa

Itulah sedikit ulasan mengenai contoh surat kuasa beserta jenisnya, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Alangkah sebaiknya bila surat kuasa tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya dan dilimpahkan pada orang yang tepat agar dapat menyelesaikan masalah dengan kata lain tidak menimbulkan masalah baru.

 

Leave a Reply