apakah penyakit lupus bisa disembuhkan?

Ini Dia!! 4 Cara Penyembuhan Penyakit Lupus!!

Penyakit Lupus merupakan suatu penyakit yang menyerang penderitanya secara menyeluruh. Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit inflamasi kronis yang dapat berkembang menjadi penyakit autoimun. Apabila telah mencapai tahap yang berbahaya, penyakit ini dapat menyebabkan sistem imun yang ada pada tubuh penderita menjadi alergi terhadap jaringan tubuh itu sendiri.

Imun yang ada dalam tubuh akan kesulitan untuk membedakan mana zat asing yang seharusnya ia hilangkan dengan jaringan tubuh yang harus ia lindungi. Sehingga pada akhirnya sistem imun tersebut justru menyerang jaringan tubuh sehat dan memberikan berbagai macam penyakit kompleks pada penderita.

Penyakit lupus yang sering disebut dengan lupus eritmetosus sistemik dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal gender ataupun usia. Hal ini dikarenakan penyakit ini menyerang akibat adanya infeksi virus, paparan sinar matahari yang berlebih, gaya hidup yang tidak baik, asap rokok, dan kelainan genetik.

Salah satu pertanyaan besar dari penyakit ini adalah apakah penyakit lupus dapat disembuhkan? Dan jika bisa bagaimana cara penyembuhan penyakit lupus itu sendiri? Mengingat penyakit ini merupakan penyakit kompleks yang sangat sulit disembuhkan. Berikut penjelasannya.

Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan?

penyakit lupus adalah penyakit yang terjadi pada manusia
hellosehat.com

Pertanyaan yang banyak beredar di masyarakat dunia adalah perihal kesembuhan dari para penderita penyakit lupus ini. penyakit yang telah lama muncul ini terus menimbulkan pertanyaan besar tentang apa penyebab pasti dari penyakit ini, apakah bisa disembuhkan? Bagaimana pencegahannya dan bagaimana proses penyembuhannya.

Sudah bertahun-tahun para ilmuwan meneliti penyakit ini, penelitian yang terus gencar dilakukan ini bukannya tanpa alasan. Mengingat bahwa banyaknya orang yang telah terjangkit penyakit ini. Di Indonesia sendiri penderita penyakit lupus diperkirakan sudah mencapai 5 juta jiwa. Dimana yang sebagian besar terjangkit penyakit ini adalah wanita dengan rentang usia 15 sampai dengan 50 tahun.

Namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat menyerang laki-laki dan anak-anak, sehingga Anda juga tetap perlu waspada. Setelah penelitian yang dilakukan itu, para ilmuwan mengambil kesimpulan bahwa penyakit ini tidak bisa benar-benar disembuhkan. Salah satu langkah yang paling memungkinkan adalah mengatur laju dari perkembangan penyakit ini.

Penyembuhan Penyakit Lupus

apakah penyakit lupus bisa disembuhkan?
pengobatan.tips

Walaupun penyakit lupus tidak bisa benar disembuhkan namun para penderita masih bisa memperjuangkan kesehatannya dengan menekan laju perkembangan penyakit tersebut. Berikut beberapa cara terkait dengan pengobatan penyakit lupus secara medis.

1. Mengurangi Paparan Sinar Matahari

Gejala ruam yang dialami oleh para penderita penyakit lupus akan dapat bertambah parah jika penderita terus menerus terkena paparan matahari. Sehingga mengurangi paparan sinar matahari menjadi salah satu langkah yang perlu dilakukan guna menekan laju perkembangan penyakit ini. Hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan mengenakan tabir surya, memakai topi dan kacamata.

2. Mengenakan Obat Anti Inflamasi Non Steroid

Inflamasi adalah satu gejala yang paling menonjol dari penyakit lupus ini. Orang yang terjangkit penyakit lupus biasanya akan mengalami pembengkakan di area sendi. Sehingga mengenakan obat anti inflamasi merupakan langkah yang tepat dalam menekan laju inflamasi ini.

Beberapa jenis obat yang disarankan diantaranya yaitu ibu profen, naproxen, diclofenac, dan piroxecam. Obat-obatan ini merupakan beberapa jenis obat anti inflamasi yang dipercaya mampu meringankan gejala nyeri pada persendian.

3. Hydroxychloroquine

Hydroxychloroquine merupakan jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Namun ternyata tidak hanya itu, obat ini juga dapat meredakan beberapa gejala penyakit yang menyerang penderita lupus . Gejala yang dapat diatasi dengan obat ini diantaranya yaitu nyeri sendi dan otot, kelelahan, serta ruam pada kulit.

4. Obat Imonusuresan

Salah satu upaya dalam penyembuhan penyakit lupus lainnya adalah dengan mengonsumsi obat Imonusuresan. Sesuai namanya, obat ini berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh dari penderita. Obat ini dapat meringankan gejala penyakit lupus dengan cara menekan kerja sistem imun tubuh yang telah mengalami kerusakan.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan dalam rangka penyembuhan penyakit lupus. Walaupun penyakit ini tidak benar-benar bisa disembuhkan tapi ada hal yang bisa dilakukan yaitu menekan perkembangannya. Jadi apa pendapat Anda mengenai penyakit lupus ini?

Description : Penyembuhan penyakit lupus begitu berbeda dari penyakit yang lain, karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja.

Leave a Comment