dokter sedang mendiagnosa bagaimana cara penularan penyakit lupus

Hati Hati!! Ini Dia Cara Penularan Penyakit Lupus!

Lupus merupakan suatu penyakit inflamasi yang pada tingkat kronis nantinya sistem imun dalam tubuh mengalami kekeliruan. Pada saat kronis sistem  imun dalam tubuh tidak akan bisa membedakan mana jaringan tubuh yang baik dengan zat asing yang berbahaya. Dampaknya sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang jaringan tubuh itu sendiri.

Penyakit lupus tergolong penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, para penderita harus berjuang dalam waktu yang sangat lama untuk bisa mengobatinya walaupun obat penyakit lupus dapat ditemukan di sekitar kita. Lupus sendiri disebabkan oleh banyak hal, seperti pemakaian obat, penularan penyakit lupus, paparan sinar matahari, dan lainnya.

Yang patut disayangkan adalah banyak dari masyarakat Indonesia sendiri yang belum bisa mengenali gejala penyakit ini dengan baik. Sehingga berdampak pada lambannya penanganan pada penderita dan mengakibatkan hasil yang fatal. Oleh karena itu hal pertama yang wajib diketahui adalah gejala yang muncul jika penyakit ini menyerang tubuh manusia.

Gejala Penyakit Lupus

dokter sedang mendiagnosa bagaimana cara penularan penyakit lupus
www.autoimuncare.com

Lupus sebagai salah satu penyakit multi sistem yang menyerang hampir  seluruh organ tubuh sebenarnya memiliki Gejala yang tergolong mudah untuk dikenali. Sehingga hal ini menjadi sangat penting mengingat bahwa dampak yang dihasilkan dari penyakit ini nantinya begitu berbahaya. Berikut beberapa contoh ciri-ciri penyakit lupus.

  • Muncul ruam berupa bercak merah pada disekitar wajah atau biasa disebut dengan butterfly rush
  • Pada sendi terasa nyeri karena adanya peradangan di tempat tersebut.
  • Menurunnya nafsu makan
  • Selalu merasa gelisah
  • Sering kejang
  • Warna urine yang tidak normal
  • Tenggorokkan terasa sakit.
  • Warna kuku yang pucat kebiruan.

Cara Penularan Penyakit Lupus

cara penularan penyakit lupus biasanya berdasarkan gen
pengobatan.tips

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan membingungkan banyak orang adalah apakah penyakit lupus menular? Jawabannya adalah TIDAK. Penyakit lupus ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Berbagai penyakit yang cukup berkembang di masyarakat disebabkan karena dua hal yaitu hal fisik dan non fisik.

Faktor fisik diantaranya seperti paparan sinar matahari, infeksi virus, obat-obatan, asap rokok, pengawet makan, cat rambut dan lainnya. Sedangkan faktor nonfisik yang menyebabkan penyakit ini diantaranya yaitu stres yang berlebih, kesedihan dan marah. Apabila kedua faktor tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka akan menyebabkan tubuh mengaktifkan gen yang nantinya akan memproduksi zat antibodi baru.

Proses dari penularan penyakit lupus ini berbeda dengan penularan pada penyakit HIV ataupun penyakit ebola. Perbedaan yang terdapat antara penularan penyakit lupus dengan kedua penyakit tersebut adalah bahwa lupus lebih dominan disebabkan karena faktor keturunan, kelainan gen, lingkungan dan faktor gaya hidup.

Bisa dikatakan bahwa hal utama yang menjadi penyebab utama penularan penyakit lupus ini adalah adanya infeksi virus kedalam tubuh. Sekitar 80% penderita lupus disebabkan oleh adanya infeksi virus rubella dan virus sitomegalovirus. Sehingga sebenarnya jika Anda memiliki kondisi tubuh yang sehat Anda dapat terhindar dari penyakit ini.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penyakit lupus bukanlah penyakit yang dapat menular. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap penularan penyakit lupus ini. Anda tetap bisa tinggal satu rumah dengan para penderita lupus, bahkan bersentuhan.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah apakah penyakit lupus bisa menular melalui hubungan seksual? Jawabannya juga tidak. Penyakit lupus berbeda dengan AIDS atau penyakit seksual lainnya yang dapat menular melalui hubungan intim. Hal ini dikarenakan penyakit lupus muncul akibat faktor genetika dan juga autoimun.

Namun walaupun begitu kita tidak boleh meremehkan penularan penyakit ini. Ada baiknya jika kita tetap menjaga jarak dengan penderita sebagai wujud kewaspadaan kita.

Description : Penularan penyakit lupus belum banyak diketahui orang. Padahal penyakit lupus sangatlah berbahaya, Anda perlu waspada terhadap segala bentuk penularannya.

Leave a Comment