stop penyakit lupus dengan pencegahan seperti ini

Penting!! Begini Cara Pencegahan Penyakit Lupus!!

Lupus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang setara dengan kanker. Penyakit lupus tergolong dalam penyakit inflamasi kronis yang nantinya dapat berkembang menjadi penyakit autoimun. Lupus juga merupakan suatu penyakit kompleks yang menyerang beberapa organ sekaligus. Di antara organ yang biasa diserang diantaranya yaitu kulit, ginjal, paru-paru, jantung, sistem syaraf, dan lainnya.

Penyakit lupus tidak menular, namun menjadi begitu berbahaya karena menyebabkan sistem imun yang terdapat dalam tubuh penderita tidak lagi mampu untuk membedakan mana zat asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh yang seharusnya ia lindungi. Sehingga hal ini menyebabkan antibodi tersebut justru menyerang jaringan dan organ organ tubuh itu sendiri.

Karena itu pula penyakit lupus akhirnya berubah menjadi penyakit kompleks karena organ tubuh yang rusak akibat serangan dari antibodi tersebut akan mengganggu sistem kerja tubuh yang lain. Melihat ini maka jelas sudah bahwa penyakit lupus ini sangatlah berbahaya. Sehingga pendidikan mengenai pencegahan penyakit lupus perlu dilakukan pada masyarakat.

Sebelum mengetahui cara pencegahan penyakit lupus, akan lebih baik jika mengetahui gejala gejala yang akan muncul bila terserang penyakit ini. Sehingga dengan mengetahui gejala penyakit lupus nantinya  bisa memberikan penanganan yang cepat dan tepat.

Gejala penyakit Lupus

banyak sekali penyebab penyakit lupus
www.autoimuncare.com

Gejala yang muncul terkait dengan penyakit lupus ini sebenarnya dapat dengan mudah dikenali. Secara umum terdapat gejala yang ringan sampai dengan gejala yang parah. Berikut gejala tersebut.

  • Nafas pendek
  • Mata kering
  • Kerusakan jantung, jantung penderita lupus biasanya mengalami kerusakan berupa adanya cairan pada selaput jantung. Selain itu, biasanya juga terjadi pengapuran pembuluh darah, nyeri pada ujung jari, dan juga vegetasi pada katup jantung.
  • Muncul sariawan yang sangat banyak
  • Mengalami kejang-kejang
  • Luka yang ada di kulit akan bertambah parah jika terkena paparan sinar matahari.
  • Mengalami anemia, hal ini dikarenakan rendahnya jumlah trombosit dan leukosit para penderita penyakit lupus.
  • Berat badan turun tanpa ada alasan yang jelas
  • Adanya peradangan dimulut.
  • Mudah lelah
  • Sakit pada sendi, sakit yang melanda sendi pada bagian tangan, lutut, ruas jari dan pergelengan ini tidaklah merusak sendi tersebut.
  • Kerusakan Ginjal, hal ini bisa dideteksi dengan adanya kandungan protein yang terdapat di dalam urine.
  • Ruam merah pada kulit, munculnya ruam ini dipicu oleh paparan dari sinar matahari.

Cara Pencegahan Penyakit Lupus

stop penyakit lupus dengan pencegahan seperti ini
www.manifestabundancenow.com

Setelah mengetahui bahaya dan berbagai gejala dari penyakit lupus. Maka sangat penting bagi kita untuk melakukan berbagai upaya pencegahan. Berikut beberapa cara untuk mencegah Anda terserang penyakit lupus

Pola Hidup Sehat

Salah satu penyebab seseorang terjangkit penyakit lupus adalah karena pola hidup yang tidak benar. Hal yang Anda dapat lakukan guna menjaga pola hidup Anda diantaranya yaitu mengatur porsi makanan secukupnya dan gizinya lengkap. Sebaiknya jangan terlalu banyak memakan makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu Anda juga harus menghindari konsumsi alkohol.

Cek Kesehatan

obatnanoteknologi.com

Hal ini merupakan salah satu yang paling penting dalam upaya pencegahan terjangkit penyakit lupus. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala,Anda akan mengetahui apakah Anda benar-benar sehat atau tidak. Sehingga Anda dapat mencegah diri dari terjangkit penyakit berbahaya seperti lupus.

Konsumsi Vitamin

Dengan mengonsumsi vitamin maka daya tubuh Anda akan meningkat dan terjaga. Sehingga saat Anda terserang suatu virus tertentu tubuh Anda akan dengan mudah untuk bertahan dan membunuh virus tersebut. Hal ini tentunya dapat membuat Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya yaitu penyakit lupus.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka mencegah diri Anda dari terjangkit penyakit lupus. Jadi, kapan Anda akan memulai pencegahannya? Karena mengobati penyakit lupus akan sangat lebih sulit. Begitu pun dengan penyembuhan penyakit lupus, akan memakan waktu yang lama.

Description : Pencegahan penyakit lupus merupakan upaya yang sangat penting untuk Anda lakukan agar terhindar dari ancaman penyakit mematikan ini.

Leave a Comment