5 Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir yang Harus Ibu Ketahui

Cara Merawat Bayi – Mengurus bayi merupakan kegiatan yang harus orang tua lakukan. Tanggung jawab ibu atau orang tua sebenarnya bukan hanya mengurus bayi saja namun juga lebih ke mendidik dan memperlakukan buah hati dengan penuh kasih sayang. Walaupun mengurus bayi kelihatannya mudah tapi tetap saja untuk sebagian ibu kesulitan dan belum paham sekali bagaimana cara mudah mengurus bayi.

Biasanya ibu-ibu yang kesulitan dalam melakukan hal ini adalah ibu yang tergolong wanita karir atau ibu modern. Mereka mempunya jam kerja atau mobilitas yang sangat padat terkadang membuat mereka kebingungan bagaimana memperhatikan kesehatan dan kebersihan sang buah hati. Bagi ibu yang sudah tidak tahu lagi harus bagaimana biasanya meminta tolong kepada pengasuh anak atau minta tolong kepada ibu mertua atau ibunya. Alhasil buah hati lebih dekat dengan pengasuh atau nenek daripada dengan ibunya sendiri.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

cara mengurus bayi yang harus ibu ketahui

disehat.com

Kedengarannya merawat buah hati mudah tapi sebenarnya susah-susah gampang. Sebab banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi. Mungkin ibu atau orang tua merasa kesulitan bagaimana cara mengurusnya dengan benar, misalnya mereka masih takut atau ragu nantinya di pengalaman pertama ini akan memberikan perawatan yang salah sehingga membuat bayi menjadi tidak sehat atau bersamalah. Tapi tidak sulit kok, apa saja hal-hal yang harus anda perhatikan tersebut?

Pastikan Anda Memberikan Makanan Bergizi

Langkah pertama dalam cara mudah mengurus bayi adalah anda harus memberikan bayi dengan makanan yang asupan gizinya berkualitas, jangan makanan sembarangan. Makanan yang diberikan anda harus memastikan bahwa itu makanan yang baik untuk pertumbuhannya.

Membersihkan Area Mulut

Untuk membersihkan area mulut sebaiknya anda harus berhati-hati sebab area ini sangat lembut. Cara membersihkan area mulut ialah dengan menggunakan kain yang telah diberi air, membersihkan mulut dan gigi bayi secara rutin akan menghindari mulut bayi kotor atau bau.

Ketika Hidungnya Tersumbat

Saat hidung bayi anda tersumbat maka jangan panik anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan krim penghangat khusus bayi di area dadanya.

Jika Bayi Alergi atau Diare

Saat bayi mengalami diare atau alergi susu sapi maka sebaiknya anda memperhatikan makananya. Anda dapat memberikan biscuit khusus bayi yang tidak mengandung susu sapi, selain itu berikan juga makanan yang mengandung susu kedelai.

Jika Bayi Demam

Janganlah ibu panik ketika bayi mengalami demam atau panas yang tidak kunjung turun, ibu hanya perlu segera membawa bayi ke dokter untuk nantinya mendapatkan penanganan khusus.

5 cara mudah merawat bayi baru lahir di atas memang harus ibu lakukan. Terutama untuk ibu yang baru pertama kali mendapatkan buah hati. Jangan panik ketika bayi menangis ketika demam anda hanya perlu membawanya ke dokter. selain itu jagalah kebersihan bayi agar ia hidup dengan sehat dan tumbuh dengan sempurna.

Add Comment