cara meningkatkan traffic organik ke blog pribadi

Cara Meningkatkan Traffic Blog Hingga Ribuan Pengunjung dalam Beberapa Bulan

Kesel gak sih punya blog tapi tidak ada pengunjungnya? Udah capek-capek nulis, eh malah gak ada yang baca. Kalau kamu mengalami kejadian seperti ini, jangan stress apalagi putus asa. Tapi cobalah untuk belajar kepada ahlinya. Banyak suhu-suhu yang berbagi ilmu cara meningkatkan traffic blog yang bisa diakses secara cuma-cuma.

Kali ini saya ingin berbagi cara meningkatkan traffic blog secara organik khusus untuk newbie, seperti saya, kalau suhu mah skip aja ya.

Awali dengan Basmallah

Sebagai seorang muslim, tentu hal ini sangat penting. Karena pada hakikatnya, Allah yang membuat orang-orang mengunjungi blog kita. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Setiap perkara (kehidupan) yang tidak dimulai dengan BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang barakahnya” H.R. Ibnu Hibban

Apalah arti banyak traffic ke blog kita, jika tidak barakah. Karena hidup kita di dunia hanyalah untuk mencari bekal kelak di kehidupan akhirat. Jadi usahakan membuat blog yang bermanfaat bagi orang lain dan diniatkan sebagai ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tentukan Niche

Langkah awal yang harus dilakukan ketika hendak membuat blog yaitu menentukan niche. Mengapa? Karena jika kita tidak menentukan niche sejak awal, maka kita akan kebingungan ketika hendak mengisi konten blog.

Maka tentukanlah satu niche yang kamu kuasai atau kamu suka. Misal teknologi, bisnis online, berita, blogging, tips kecantikan, hiburan, review (film, game, dll) dan sebagainya.

Riset Keyword

Setelah menentukan niche, saatnya untuk menentukan keyword apa saja yang ingin dieksekusi. Untuk blog baru, alangkah baiknya mencari long tail keyword dan pencarian yang tidak terlalu banyak. Kamu bisa mencoba riset keyword di Google Keyword Planner, Keywordtool.io, Keyword Revealer.

Untuk cara riset keyword yang powerfull akan dibahas di artikel berikutnya yang entah kapan akan dipublish, hehe. Kepoin aja yak!

Beli Domain dan Hosting

berbagai nama domain TLD atau top level domain
Oxito

Jika sudah memiliki list keyword yang akan dieksekusi, maka selanjutnya buatlah blog. Disarankan untuk membuat blog dengan hosting sendiri. Cara membuat blog hosting sendiri bisa baca di Cara Membuat Website .Com dengan CMS WordPress.

Sebelum membuat blog dengan hosting sendiri, tentunya kamu harus beli domain dan hostingnya. Domain bisa beli saja di domainesia atau qwords, karena pembayaran di kedua tempat tersebut bisa menggunakan transfer bank. Atau jika kamu memiliki saldo paypal, bisa beli di Namecheap, yang sering memberikan diskon untuk pembelian domain baru maupun transfer domain.

Untuk hosting lokal kamu bisa beli di Domainesia. Untuk blog baru, domainesia cukup mampu menampung traffic yang masih unyu-unyu. Sedangkan jika ingin yang lebih joss, kamu bisa beli di HawkHost. Menurut saya hosting di HawkHost mantap banget deh dan pembayarannya bisa menggunakan paypal.

Jika kamu belum mampu membeli hosting, kamu bisa pakai hosting blog sejuta umat alias blogspot. Di blogspot juga kamu bisa custom domain, loh. Untuk caranya nanti akan saya buatkan artikelnya, tentu saja belum tau kapan akan dipublish, hehe peace.

Pilih Template atau Themes

Blog yang disukai pengunjung tidak hanya memiliki tampilan yang bagus, tetapi juga ringan, fast loading dan juga anu. Jika kamu bingung themes apa yang bagus, saya rekomendasikan Webevolution WordPress Theme. Masukan voucher SAHABATUKM agar mendapat diskon 50%. Langsung saja klik link ini.

Buat Artikel Populer Original

Setelah blog kamu sudah selesai setting dan sebagainya, berarti sudah siap untuk diisi dengan konten. Tulislah artikel populer namun tetap sesuai keyword yang sudah kamu riset sebelumnya. Kamu bisa baca Konten Berkualitas agar konten yang kamu hasilkan disukai google dan manusia.

Cara paling mudah membuat konten yaitu dengan menulis ulang artikel dengan bahasa sendiri (bukan copas). Pertama kamu cari artikel yang sesuai dengan keyword yang sudah kamu riset. Kemudian bacalah hingga selesai artikel tersebut. Kemudian tulis ulang dengan bahasamu sendiri.

Rajin Update Artikel Tiap Hari

konten memang raja, jadi rajinlah update konten
www.aberdeenessentials.com

Blog yang bagus yaitu blog yang konsisten setiap hari update konten. Minimal update 1 artikel per hari. Usahakan artikel yang diupdate saling berhubungan dengan artikel lainnya. Buatlah internal link di antara artikel tersebut dan masing-masing artikel memberikan link ke homepage.

Oh ya, ketika membuat internal link jangan menulis anchor text klik di sini atau baca selengkapnya. Tapi tulislah sesuai judulnya atau ambil keywordnya saja.

Berikan Backlink

Setiap selesai membuat artikel, biasakanlah memberikan beberapa backlink. Beberapa backlink blogwalking juga sudah cukup untuk awal. Setidaknya konten kamu memiliki backlink. Lebih bagus lagi kalau kamu memberikan backlink kontekstual.

Rajin Ibadah dan Berdoa

Sambil melakukan update konten, jangan lupakan ibadah ya, terutama yang wajib. Biasakan sholat tepat waktu, jika laki-laki ya sholatnya di Masjid. Kalau ingin lebih ampuh, coba tambahkan amalan sunnah seperti sholat tahajud dan puasa sunnah senin kamis serta perbanyak berdoa. Insya Allah, tidak hanya traffic yang didapat, tetapi lebih dari itu.

Traffic Naik di Bulan ke 3-6

bulan ke 3-6 dibanjiri traffic organik
webtrafficchef.blogspot.com

Jika kamu rajin update artikel dan backlink, setidaknya akan ada pengunjung organik yang berkunjung ke blog kamu. Jumlah pengunjung yang datang tergantung dari seberapa rajin kamu update artikel dan backlink yang diberikan ke artikel tersebut.

Sudah Punya Traffic Organik, Pengen Dapet Dollar? Bisa Banget!

Punya blog dengan traffic organik harian mencapai 100 sudah cukup untuk didaftarkan ke Google Adsense. Ketik saja google adsense, terus coba daftar, mudah kok tinggal ikutin aja. Setelah selesai tinggal tunggu pengumuman dari google melalui email. Kalau diterima bersyukur, tapi jika tidak, ya jangan baper. :p

Alhamdulillah, sekian artikel Cara Meningkatkan Traffic Blog Hingga Ribuan Pengunjung dalam Beberapa Bulan. Cara seperti ini memang belum tentu work dilakukan oleh semua orang. Namun setidaknya, ini merupakan salah satu ikhtiar kita dan semoga dicatat sebagai amal ibadah. Mohon maaf apabila ada kekeliruan dan terimakasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment