Inilah Cara Menghilangkan Panu yang Ampuh dan Penyebabnya

Penyakit panu atau vinea versicolor merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang bernama candida albicans. Panu memang bukan penyakit berat namun yang harus menjadi perhatian adalah bahwa penyakit ini penyebarannya sangat cepat dan menular, itu artinya penyakit ini sesegera mungkin diobati. Bagian-bagian tubuh yang sering terkena penyakt panu diantaranya : kulit kepala, leher, pundak, leher, lipatan tangan, lipatan kaki dan punggung. Penyakit panu bisa menjadi mimpi buruk, apabila panu berada di sekitar daerah wajah. Panu biasanya muncul bersamaan dengan rasa gatal yang muncul di sekitar area tubuh yang terkena panu yang umumnya kerap ditandai dengan timbulnya bercak-bercak putih pada permukaan kulit.

Apa Saja Penyebab Timbulnya Panu?

Sebelum kita mengatasi penyakit kulit yang satu ini, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui terlebih dahulu apa penyebab timbulnya jamur. Jamur candida albicans pemicu panu biasanya muncul akibat beberapa faktor. Faktor-faktor ini erat kaitannya dengan suhu, sinar matahari dan juga fiksi atau gesekan pada kulit. Mari kita kupas lebih jauh apa saja faktor pemicu munculnya jamur penyebab panu.

Suhu Udara Terlalu Lembab

Suhu udara yang terlalu lembab membuat baju yang kita pakai akan meredam air sehingga memicu tumbuhnya jamur penyebab panu.

Suhu Udara Terlalu Panas

Suhu udara yang terlalu panas tentu memicu tubuh terus berkeringat, sehingga membuat baju yang kita pakai menjadi basah oleh air keringat. Tersimpannya air keringat di baju inilah yang bisa memicu hadirnya jamur candida albicans penyebab jamur.

Keringat Berlebih Ketika Berolahraga

lighthouse-indonesia.com

lighthouse-indonesia.com

Olahraga memang suatu kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun berkeringat berlebih akibat melakukan olahraga justru akan mengundang si candida albicans muncul dan menimbulkan panu di area kulit yang berkeringat.

Sering Memakai Handuk Orang Lain

Memakai handuk orang lain tentu saja bukanlah suatu tindakan kriminal, meskipun hanya sekedar meminjam namun potensi tertularnya penyakit panu menjadi terbuka, sekalipun handuk yang kita pinjam handuk saudara kita sendiri.

Gesekan Kulit

Pada beberapa lipatan tubuh, sering terjadi fiksi gesekan antar bagian kulit, misalnya di bagian lipatan belakang lutut dan paha belakang, apalagi ketika bagian tersebut sedang berkeringat, maka gesekan di kedua bagian tesebut akan menimbulkan lecet dan rasa perih, bahkan bisa menjadi areal strategis bagi panu untuk berkembang biak.

Setelah kita mengetahui penyebab munculnya panu, sekarang kita berlanjut pada bahasan bagaimana mengatasinya. Cara yang dipakai adalah cara-cara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Berbicara mengenai cara menyembuhkan panu, saya akan membaginya menjadi 2 cara alami, yaitu cara cepat dan cara santai.

Cara Cepat Menghilangkan Panu

[sociallocker]
Menyembuhkan panu secara cepat tentu membutuhkan pengorbanan ekstra. Ini terkait dengan penggunaan bahan-bahan yang digunakan berpotensi menimbulkan rasa sakit dan perih pada kulit. Bahan yang digunakan biasanya, bawang putih, kandungan bawang putih yang bisa menyembuhkan berbagai macam jamur, bisa dipakai untuk memusnahkan panu. Caranya dengan membelah 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian, lalu gosokan bagian dalam bawang putih ke area kulit yang terkena jamur. Efeknya kulit akan memerah dan terasa perih. Lakukan terus menerus hingga rasa perihnya hilang.

Cara Santai Menghilangkan Panu

Cara yang santai tentu hasil yang didapat pun sedikit lama. Caranya, gabungkan kapur sirih dan belimbing wuluh. Tumbuk halus belimbing wuluh lalu campurkan dengan kapur sirih. Oleskan pada areal yang terkena panu dan biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air.[/sociallocker]

Add Comment