cara mengatasi perut kembung pada bayi yaitu dengan membuatnya tertawa

5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi – Perut kembung adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh anak-anak terutama bayi. Bayi yang mengalami perut kembung biasnaya akan lebih mudah menangis dan akan susah ketika tidur. Pada saat anak mengalami hal ini sebaiknya ibu harus mengetahui tindakan yang tepat agar bayi tidak menjadi rewel. Kemampuan ibu memang harus diperdalam mengenai cara atasi perut kembung pada bayi.

Ibu biasanya memberikan minyak telon atau minyak bawang untuk bayi ketika perut bayi kembung. Cara ini memang cara tradisional yang banyak dipilih oleh ibu-ibu zaman dahulu. Padahal cara ini hanya memberikan rasa hangat saja tapi tidak menyembuhkan perut kembung bayi. Inilah beberapa cara yang dapat ibu lakukan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi yaitu dengan membuatnya tertawa
caraterbarumengatasi.com

Sebelum kita membahas bagaimana cara atasi perut kembung pada bayi kita cari tahu dahulu apa saja tanda-tandanya.

  • Perut bayi akan terasa keras jika ditekan
  • Perut menjadi lebih besar
  • Sering menangis tanpa sebab
  • Bayi sering buang gas
  • Sulit tidur

Itulah beberapa tandanya ketika bayi mengalami kembung, maka di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat ibu lakukan.

Memberi Handuk Hangat di Bagian Perut Bayi

Cara yang pertama adalah memberikan handuk hangat di atas perut bayi. Hal ini sangat dianjurkan agar mengatasi perut bayi yang kembung dan cara ini tergolong lebih efektif daripada  menggunakan minyak kayu putih ataupun minyak telon.

Memberikan Air Hangat

Bukan hanya handuk hangat saja yang bermanfaat meredakan rasa perut kembung bayi tapi juga minum air hangat dapat membuat bayi menjadi lebih tenang. Caranya dengan menggunakan botol susu bayi yang diber air hangat dan berikan kepada bayi. Air hangat sangat efektif dalam mengatasi perut kembung.

Pijat Lembut Perutnya

Ketika anda menggunakan minyak telon atau minyak angin maka cobalah untuk memijat bagian perut bayi secara lembut yaitu dari atas ke bawah dengan cara perlahan.

Tepuk Pelan Bagian Belakang Bayi

Selanjutnya adalah anda dapat memenepuk pelan bagian belakang bayi. Caranya dengan mengendong bayi sambil degan ditepuk pelan di bagian belakang punggunya sebab ini akan membuat bayi merasa nyaman dan gas yang ada di dalam perutnya juga akan bisa keluar.

Buat Bayi Tertawa

Ketika bayi tertawa dan sendawa maka ini sangat bagus untuk mempermudah angin keluar dari dalam perutnya. Akan tetapi sedikit sulit untuk membuat bayi tertawa jika ia sedang mengalami perut kembung.

Cara atasi perut kembung pada bayi dapat ibu lakukan, ketika ibu melihat bayi ibu rewel dan mengangis bisa jadi ini karena perutnya terisi angin dan membuatnya susah untuk tertawa atau tidur.

Leave a Comment