Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan, Orang Tua Harus Tau!

CARA MENGATASI ANAK NAKAL – Masa anak-anak merupakan masa dimana mereka melakukan banyak eksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya. Tapi ada kalanya, perilaku mereka ini justru membuat orang di sekitarnya merasa kesal. Saat bereksplorasi, mudah baginya untuk melakukan hal-hal nakal akibat adanya rasa penasaran yang begitu tinggi.

Biasanya, mereka akan bersikap jahil seperti menggigit, mencolek, melempar, membuang, mendorong, menyembunyikan barang, mengancam, memukul, mengejek, dan sebagainya, tergantung dari contoh atau pengalaman jahil yang pernah ia alami.

CARA MENGATASI ANAK NAKAL

Pada dasarnya, kenakalan yang ditunjukkan oleh anak-anak tergolong hal yang wajar, dengan catatan masih dilakukan dalam batas normal. Hal ini dikarenakan sang anak sedang berusaha untuk menunjukkan ego dan eksistensinya. Kenakalan ini sendiri ia tunjukkan sebagai cara untuk mencari perhatian dan merasa penasaran terhadap reaksi dari orang lain mengenai sikapnya tersebut.

Nah, jika anak Anda cenderung nakal atau jahil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa meredam perilaku tersebut. Meskipun kenakalan yang ia buat ini membuat kita merasa jengkel, namun sebaiknya hadapilah dengan lebih bijak.

Berikut ini kami berikan solusi untuk mengatasi anak yang nakal:

Kenali Alasannya

Langkah pertama adalah dengan memahami apa alasan sehingga anak Anda menjadi nakal. Jika perilaku nakalnya ini muncul akibat dari rasa ingin tahunya, maka tanggapilah secara positif selama perilaku yang ia tunjukkan masih wajar. Jika ia melakukannya sebagai bentuk dalam mengekspresikan rasa sayangnya atau sedang mencari perhatian, maka berilah perhatian dan luangkan waktu Anda lebih banyak bersama sang anak.

Apabila ia melakukannya sebagai cara untuk menyalurkan kreativitas dan agresifitasnya, maka arahkanlah ia pada kegiatan yang lebih positif. Anda bisa mengajaknya untuk melakukan lebih banyak aktivitas di luar rumah seperti bermain bola, berenang, atau bersepeda.

Lingkungan

Beberapa anak menjadi nakal akibat pengaruh dari lingkungannya. Sang anak bisa melihat contoh buruk dari teman bermainnya, orang yang sering berinteraksi dengannya, pengasuh, ataupun dari tayangan televisi. Maka dari itu, orang tua benar-benar harus mengawasi dan memberikan batasan pada anak agar tidak terpengaruh dari lingkungan yang bisa memberikan contoh buruk.

Jika Anda menggunakan pengasuh, maka pastikan bahwa pengasuh yang dipekerjakan dapat memberikan contoh yang baik kepada anak Anda. Pastikan pula bahwa ia bergaul dengan teman-teman yang bisa memberikan contoh baik. Sementara untuk tayangan televisi, lebih seringlah mengawasi tontonannya. Akan lebih baik jika Anda mendampinginya saat menonton TV, serta pastikan pula bahwa pengasuh melakukan hal yang sama saat Anda tidak ada di rumah.

Jangan Melabeli

Cara mengatasi anak yang nakal selanjutnya adalah dengan menghindari pemberian label. Meskipun Anda merasa sangat jengkel dengan perilakunya, namun jangan menyebutnya sebagai ‘anak nakal’ atau ‘anak jahil’. Pemberian label seperti ini hanya akan menurunkan harga diri dan kepercayaan dirinya. Label yang diberikan secara negatif ini tidak akan membuatnya lebih baik, justru menjadikannya berperilaku lebih buruk.

Beri Pengertian

anak nakal perlu dinasihati
www.elmina-id.com

Berikanlah pengertian dengan bahasa anak-anak mengenai perilaku nakal yang ia lakukan tersebut tidak baik karena bisa melukai orang lain. Sampaikan seperti apa dampaknya jika ia tetap nakal, misalnya tidak ada lagi orang yang ingin bermain dengannya.

Sebagai orang tua, Anda wajib mendidik anak dengan memberikan pemahaman kepadanya bahwa tindakan-tindakan yang nakal ataupun contoh-contoh yang tidak baik yang sering ia lihat di lingkungannya adalah hal-hal yang tidak benar. Teruslah berikan pemahaman seperti ini dengan bahasa yang mudah ia pahami.

Cabut Kesenangannya

Jika sang anak tetap saja melakukan hal-hal yang jahil atau nakal, maka cobalah untuk bersikap lebih tegas dengan mencabut ‘kesenangannya’ untuk sementara. Misalnya dengan tidak membolehkan ia menonton TV atau bermain video game.

Hindari Hukuman Fisik

pondokibu.com
pondokibu.com

Senakal apapun anak Anda, jangan pernah memberikan hukuman fisik, karena tidak akan bisa membuat sang anak berhenti dari perilaku nakalnya tersebut. Justru beberapa anak akan menjadi semakin nakal jika ia sering mendapatkan hukuman fisik. Maka dari itu, berikanlah ia pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti atau mengajak ia untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih positif.

***

Nah, itulah beberapa cara mengatasi anak nakal yang mungkin bisa Anda terapkan. Jika tingkah nakalnya sudah melebihi batas, segera ambil tindakan sebelum perilakunya tersebut melukai orang lain. Namun perlu dipahami pula bahwa anak nakal pun memiliki kelebihan.

Leave a Comment