5 Cara Mengajari Anak Agar Cepat Membaca

Cara Mengajari Anak Membaca – Banyak orang tua bingung bagaimana cara mengajari anak agar cepat membaca. Anaknya sudah kelas 3 SD namun masih bisa membaca dengan benar. Tentunya anda sebagai orang tua akan kebingungan dengan hal ini dan mencari cara bagaimana agar anak dapat membaca dengan cepat.

Seharusnya orang tua dapat melatih anak sejak ia masih balita dengan cara melatih kemampuannya dalam menghafal setiap kosa kata. Misalnya anak-anak akan mendapatkan kosa kata dengan menonton televisi atau mendengar siaran radio di gadget dan bisa juga menyerap kata-kata yang diucapkan oleh orang lain.

Cara Mengajari Anak Membaca

cara mengajar anak membaca yaitu dengan mengajarkannya perkata

blog.lakupon.com

Kami lebih memfokuskan anda untuk menerapkan cara mengajari anak agar cepat membaca ini ketika mereka masih balita. Sejak pada usia ini anak akan sangat mudah untuk diajarkan dan mereka akan lebih cepat memahami setiap kosa kata yang diberikan oleh orang tuanya.

Ciptakan Suasana Gembira

Cara yang pertama adalah anda harus menciptakan suasana yang gembira bersama anak anda. anda harus membuat suasana hatinya senang dan nyaman barulah ia akan lebih mudah memahami suatu pelajaran yang kita berikan. Cara ini akan membuat anak tidak mudah bosan dan jenuh.

Jangan Paksa Anak

Jangan paksa anak untuk cepat menerima atau merespon apa yang kita inginkan. Anda hanya perlu memberi stimulus atau rangsangan yang dapat membuat anak lebih cepat dalam belajar membaca.

Ajari Anak Perkata

Mengajari anak dengan kata demi kata akan lebih efektif daripada mengajarkan anak menggunakan alfabet. Jadi ketika balita sering-seringlah berkomunikasi dengan anak sehingga ia akan mendapatkan kosa kata baru. Ketika ia belajar membaca ia ingat makna dari setiap kata tersebut. selain itu unsur dari sebuah bahasa adalah kata bukan huruf maka anda sebaiknya mengenalkan anak anda dengan kata-kata terlebih dahulu baru huruf. Bentuk huruf bersifat abstrak sedangkan bentuk kata adalah nyata. Mengajar anak sebaiknya konkrit bukan abstrak agar pikirannya tidak terlalu dalam.

Lakukan Tes Secara Berkala Namun Jangan Terlalu Sering

roufiefathr.blogspot.com

roufiefathr.blogspot.com

Melakukan tes untuk anak ketika belajar membaca memang sangat penting. Akan tetapi pastikan bahwa anda tidak terlalu sering dalam mengetes mereka. Coba suruhlah ia membaca setiap kata yang kita tuliskan.

Ganti Mode

Jika anda merasa bahwa metode yang anda ajarkan selama ini tidak efektif maka cobalah untuk mengganti metode yang anda berikan. Mengetahui efektif tidaknya metode yang kita berikan tergantung dari hasil evaluasi atau hasil tes yang kita berikan. Apabila tidak adanya peningkatan maka ada yang salah dengan metode yang kita berikan selama ini.

Itulah 5 cara mengajari anak agar cepat membaca di atas, semoga bermanfaat dan membantu.

Add Comment

Kuliner
Banyak quote-quote unik di Puncak Becici
Dilarang Melempar Mantan di Puncak Becici!
lawang sewu yang dianggap angker
Serunya Wisata Tiga Budaya di Semarang Bersama Keluarga
Patung Maung di Tangkuban Parahu
Semacam Jalan-Jalan ke Tangkuban Parahu Bareng Genk Paracetamol Plus Adu Kamera OPPO vs Xiaomi
Kesehatan Parenting Relationship
Foto pengantin bersama para tamu spesial
Selamat Menempuh Hidup Baru
banyak hal yang dilakukan jomblo di malam minggu, kalian harus tau
Kegiatan Jomblo di Malam Minggu Selain Bermain Game, Kamu yang Mana?
Untukmu yang Sedang Galau Menanti Jodoh