5 Cara Mengajar Anak Saliman Dengan Benar

Cara Mengajarkan Anak – Saliman sendiri bukanlah sekedar hanya berjabat tangan dan meletakannya di hidung atau dahi. Salaman yang benar adalah bentuk kesopanan atau penghormatan seorang anak terhadap mereka yang lebih tua. Kebanyakan orang tua melatih anaknya agar dapat bersalaman dengan orang lain terutama mereka yang lebih tua.

Anak dipaksa untuk bersalaman dengan orang yang lebih tua, banyak sekali reaksi yang keluar dari anak tersebut misalnya ia menjadi malu dan bersembunyi ke belakang. Anda memang harus mengajarkan anak untuk melakukan hal-hal benar atau etika baik terutama kepada orang dewasa salah satunya dengan bersalaman. Inilah cara mengajar anak saliman dengan benar agar anak tidak merasa malu atau risih lagi.

Cara Mengajar Anak Saliman Dengan Benar

cara mengajarkan anak saliman harus sejak dini

im-akashi.blogspot.com

Harus Bersaliman dengan Tamu yang Lebih Dewasa

Anda harus mengingatkan atau memberi tahu kepada anak bahwa mereka harus selalu saliman dengan mereka yang lebih dewasa. Ketika ada tamu datang kerumah suruhlah anak untuk menghampiri tamu dan suruh mereka salim siapapun itu. Beri tahu juga bahwa salaman adalah salah saatu bentuk penghormatan dan sopan santun.

Ajarkan Salaman yang Benar

Anda harus mengajarkan anak untuk salaman dengan benar, misalnya katakan kepadanya bahwa tangan harus selalu bersih dan ajarkan bagaimana cara menggenggam tangan tamu dengan benar. Misalnya ketika menggenggam tangan tamu sebaiknya jangan terlalu keras dan letakkan tangan di mulut atau hidung.  Anda dapat memberikan contoh salaman tersebut kepada keluarga, kerabat atau orang lain agar anak dapat mencontoh.

Atur Anak Ketika Bersalaman

Mungkin anak anda akan berlari keluar ketika meminta anak bersalaman dengan tamu atau keluarga. maka anda dapat membimbing anak ketika mereka masih kecil untuk bersalaman. Misalnya iringi anak untuk bersalaman dengan neneknya, awalnya anda dulu yang memulai baru kemudian minta anak untuk mengulanginya.

Ajarkan Ia Mengucapkan Nama

Saat ia bersalaman atau berkenalan dengan orang lain ajarkan anak untuk mengucapkan namanya dengan tegas dan sopan serta berikan senyum manis kepada mereka yang ada di hadapan kita. Nantinya ini akan membuat anak lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain dan membuat ia tumbuh menjadi pribadi yang mudah bersosialisasi.

Ajarkan Posisi Salaman yang Benar

Ajarkan anak untuk bersalaman dengan posisi berdiri, beri tahu dia bahwa jika mereka duduk maka akan lebih susah menggenggam tangan orang lain. selain itu beri tahu mereka bahwa salaman sambil berdiri adalah salah satu bentuk sopan santun dan ajarkan juga ketika bersalaman harus menatap mata dan berikan senyuman.

Mengajarkan anak sopan santu selagi kecil memang harus dilakukan oleh semua orang tua agar anak tidak kurang ajar ketika dewasa. 5 cara mengajar anak saliman dengan benar ini semoga dapat menjadi pedoman untuk semua orang tua.

Leave a Reply