3 Tips dan Cara Mendidik Anak yang Susah Diatur

Cara Mendidik Anak – Anak Orang tua dengan anak yang sedang berada di dalam masa pertumbuhan tentu akan membutuhkan tenaga yang lebih ekstra, karena mereka akan berhadapan dengan berbagai macam perubahan dari sang buah hati.

Sangat sering seorang anak yang awalnya adalah penurut tiba-tiba berubah menjadi agresif, pembangkang, atau mudah marah. Ada pula yang awalnya periang kemudian berubah menjadi sangat cengeng, penakut, pemalu, pendiam, atau menarik dirinya dari lingkungan.

Cara Mendidik Anak yang Susah Diatur

Tips Mengatasi Anak yang Sulit Diatur

inovasipintar.com

Pada saat seperti inilah kesabaran dari orang tua akan diuji dan banyak diantara mereka yang mengalami stres. Namun perlu dipahami bahwa perubahan-perubahan yang ditunjukkan oleh anak tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa menunjukkan perilaku buruk yang membuat kita merasa tidak senang.

Merupakan hal yang wajar jika seorang anak merasa kecewa karena tidak mendapatkan apa yang ia inginkan. Nah, rasa kecewa inilah yang kemudian akan menimbulkan hal-hal negatif seperti membangkang atau marah. Namun keadaan ini akan menjadi lebih sulit jika sang anak memang sudah terlanjur memiliki sikap yang sulit untuk diatur. Tapi dengan memberikan pengajaran yang tepat, maka sang anak akan belajar bagaimana cara untuk mengelola hasrat dan energinya saat menginginkan sesuatu.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi perilaku anak yang sulit diatur? Berikut tipsnya:

– Kontrol Emosi

Banyak orang tua yang akan memarahi anaknya jika ia menangis atau sedang rewel karena menginginkan sesuatu. Banyak pula orang tua yang lebih memilih untuk menuruti keinginan sang anak karena tidak ingin mendengarnya terus-terusan menangis. Namun semestinya, jika keinginan anak tersebut adalah hal yang tidak begitu penting, maka orang tua memiliki hak untuk menolaknya.

Umumnya, anak lebih mengutamakan keinginannya dibanding dengan menuruti kata-kata orang tuanya. Maka dari itu, para orang tua harus bisa mengontrol emosinya saat anak sudah marah. Hal ini akan membuat sang anak belajar bahwa tidak semua hal yang ia inginkan bisa diperoleh lewat cara menangis, marah, atau merengek-rengek. Dengan demikian, ia akan belajar untuk mengembangkan ego dan kesadaran dirinya.

– Memberi Kesempatan

Cara mendidik anak yang susah diatur selanjutnya adalah dengan memberinya kesempatan. Dalam proses melatih kecerdasan intrapersonal, sebaiknya orang tua tidak menyuruh sang anak untuk mengikuti segala instruksi dan berhenti untuk mengatakan ‘jangan’, ‘tidak boleh’, atau ‘diam’ pada anaknya.

Sebaiknya berikanlah kesempatan pada anak Anda untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya Anda larang. Biarkan ia mengetahui akibat yang akan ia dapat jika tetap ngotot pada keinginannya dibandingkan dengan mendengarkan larangan dari orang tuanya.

Misalnya jika ia ngotot untuk menggunakan sepatu ibunya yang kebesaran padahal sudah Anda larang. Biarkanlah ia melakukan hal tersebut dan merasakan betapa sulitnya berjalan dengan sepatu tersebut. Jika ia terjatuh, jangan memarahinya. Biarkan ia belajar untuk menerima akibat dari perilakunya tersebut.

Secara tidak langsung, hal ini akan membuatnya belajar bahwa ada alasan mengapa orang tuanya melarang untuk melakukan hal tersebut. Sebaiknya berikanlah toleransi jika anak Anda melakukan kesalahan dan berikanlah ia kesempatan untuk bertindak.

– Alihkan Perhatian

roufiefathr.blogspot.com

roufiefathr.blogspot.com

Emosi orang tua tentu saja akan berubah saat si buah hati berulah, marah karena ingin pergi ke suatu tempat, atau menangis karena ingin dibelikan sesuatu. Langkah pertama untuk menyikapi situasi seperti ini adalah dengan mengontrol emosi Anda terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya.

Jika ia sedang menangis, Anda bisa mencoba untuk mengajaknya bermain. Biasanya, bermain akan membuat suasana hatinya berubah. Atau saat ia sedang mengamuk di ruang tamu, maka pindahkanlah ia ke halaman rumah atau ke dalam kamar. Perpindahan yang Anda lakukan ini juga bisa membantu untuk mengalihkan perhatiannya.

***

Nah, itulah beberapa tips dan cara mendidik anak yang susah diatur. Ingat, pola pengasuhan yang Anda terapkan pada anak akan menjadi pondasi utama dalam membentuk karakternya di masa yang akan datang.

Leave a Reply