5 Cara Mendidik Anak Laki-Laki, Ibu Harus Tahu

Cara Mendidik Anak Laki-Laki – Ibu adalah malaikat tak bersayap yang memiliki peran penting dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya, baik anak perempuan atau anak laki-laki. Bagi anak laki-laki ibu menjadi wanita pertama yang sangat ia cintai, sampai setelah dewasa ia menemukan satu wanita yang sangat menyayanginya dan dapat menggantikan posisi ibunya dengan baik.

Anak laki-laki walaupun terlihat kuat sebenarnya mereka sangat lemah. Di sinilah peran ibu untuk dapat mendidik anak menjadi lebih baik agar mereka tidak tumbuh menjadi anak yang nakal. Inilah cara mendidik anak laki-laki yang harus ibu ketahui.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki, Ibu Harus Tahu

cara mendidik anak laki-laki sangat berbeda dengan mendidik anak perempuan

www.flickr.com

Berikan Teladan Untuk Anak

Anda dapat membanggakan ayah atau suami anda. katakan kepada anak bahwa ia adalah orang yang luar biasa dan memiliki semangat tinggi untuk bekerja dan melakukan hal-hal baik. doronglah putra anda untuk mengikuti sang ayah atau mencontoh dari ayahnya. Anda dapat menyuruh suami untuk melakukan kerja di rumah secara bersama agar dapat memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya.

Ajarkan Kebersihan dan Kesopanan

Bukan hanya anak perempuan saja yang harus diajarkan kebersihan dan kesopanan namun juga anak laki-laki anda. berilah ia pemahaman bahwa mereka juga harus mencukur kumis dengan rapi, mencuci tangan, menggosok gigi dan memotong kuku. Selain itu ajarkan juga anak untuk berbicara dengan sopan kepada teman atau kepada orang yang lebih tua.

Ajarkan Untuk Menghormati Wanita

Anda harus mendidik atau menanamkan keyakinan kepada anak laki-laki anda bahwa wanita adalah makhluk yang harus dihormati. Berilah contoh ketika ia harus menyayangi ibunya maka suatu saat nanti akan ada wanita yang ia cintai dan tugasnya melindungi dan menyayangi wanita tersebut dengan baik. Orang tua juga harus tegas mengatakan bahwa tidak boleh menceritakan perempuan dengan tidak sopan. Beri tahu dia bahwa ia juga akan menjadi ayah untuk anak-anak perempuannya.

Sekali Biarkan Ia Mengambil Pilihannya Sendiri

biarkanlah anak memilih keinginannya sendiri

setipe.com

Terkadang anak menjalani pilihannya sendiri dan anda menyutujui pilihannya tersebut. akan tetapi faktanya semua tidak berjalan dengan mulus, maka di sini anda tidak salah. Anda sudah benar membiarkan anak mengambil pilihannya sendiri. Namun sebelumnya anda harus memberikan tegasan kepada anak bahwa pilihannya tersebut adalah tanggung jawabnya dan mereka harus menerima setiap konsekuensinya.

Buatlah Anak Menjadi Lebih Percaya Diri

Anak laki-laki senang sekali dipuji maka cobalah memuji putra anda dengan mengatakan bahwa ia adalah anak yang tampan. Atau ajaklah putri anda untuk memuji saudara laki-lakinya, maka dengan begini akan membuat anak menjadi lebih percaya diri.

Cara mendidik anak laki-laki memang berbeda dengan anak perempuan. Anak laki-laki memiliki egois yang tinggi maka pendekatan yang tepat untuk mendidik anak adalah dari ibu.

Leave a Reply