5 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Memberontak

Cara Mendidik Anak – Banyak orang tua berharap agar anaknya mematuhi semua nasihat yang diberikan, menghormati dirinya dan dapat menjadi kebanggaan untuk orang tuanya. Akan tetapi orang tua tidak tahu bagaimana cara mendidik anak agar tidak memberontak. Mereka hanya berharap pada hasil akhir dengan mendidik anak secara keras dan memberikan peraturan-peraturan untuk dijalankan secara konsisten.

Tidak salah memang ketika orang tua mendidik anak dengan sangat disiplin dengan alasan agar anak dapat mendapatkan masa depan baik. orang tua berusaha keras mendidik buah hati tersebut sedini mungkin akan tetapi orang tua tidak sadar bahwa itu adalah tindakan yang salah sehingga membuat anak menjadi tidak menghargainya dan terkesan memberontak.

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Memberontak

cara mendidik anak agar tidak memberontak
tbcs.sch.id

Pahamilah Keinginannya

Anak yang terlahir ke dunia juga manusia yang menginginkan sesuatu hal, maka pahamilah dirinya dan jangan memaksakan kehendak anda. Pahami karakternya dan biarkan ia mencari tahu semua apa yang diinginkannya lalu bimbinglah ia untuk meraihnya.

Jadi Teladan

Anak adalah spon yang sangat mudah menyerap air maka hal buruk dan baik yang dilakukannya selama masa pertumbuhan adalah hal wajar dan biasanya itu didapatkan dari lingkungan sekitar. Oleh sebab itu di depan anak cobalah bersikap lembut, jadilah orang tua yang penuh cinta dan selalu ramah atau sabar. Apabila anak melihat anda seperti ini maka ia akan mencontohnya.

Anda Harus Tegas dan Konsisten

Selanjutnya adalah anda harus menjadi orang tua tegas dan konsisten. Misalnya ketika membuat peraturan di dalam rumah anda harus membuatnya dengan adil dan tegas. Libatkan anak anda untuk membuat peraturan-peraturan tersebut. setelah itu mintalah mereka untuk konsisten dalam melaksanakannya terutama orang tua. Apabila anda melarang anak untuk merokok sedangkan anda adalah perokok maka ini membuktikan bahwa anda tidak konsisten.

Berilah Teguran dengan Halus

Anak anda yang baru terlahir ke dunia adalah manusia yang belum mempunyai pengalaman luas sehingga mereka kerap melakukan kesahalah. Jadi ketika anak mengalami kesalahan cobalah untuk menegurnya, teguran yang baik adalah teguran yang tidak bernada kasar atau kemarahan. Anda dapat dengan lemah lembut saat menegur anak. Sumpah serapah atau makian yang anda lontarkan malah membuat anak melihat anda sebagai orang negatif.

Berilah Pujian

Manusia manapun suka sekali jika dipuji, oleh sebab itu ketika anak anda berhasil mengerjakan sesuatu maka pujilah ia dengan tulus. Memuji anak akan membangkitkan rasa percaya dirinya dan ini akan membuat anak merasa dihargai oleh orang-orang sekitarnya.

Cara mendidik anak agar tidak memberontak tergantung dari pribadi orang tua itu sendiri. orang tua yang baik tentu dapat mendidik anak menjadi lebih baik pula dan juga sebaliknya.

Leave a Comment