Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan dapat dibanggakan karena sifat positif yang dimilikinya. Banyak orang tua mendidik anak dengan keras agar anak menjadi anak yang tidak manja dan sopan santun. Akan tetapi tindakan keras yang diberikan orang tua justru membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak baik.

Banyak orang tua tak paham bagaimana cara mendidik anak agar tidak manja dan keras kepala. Oleh karena itu di kesempatan kali ini kami sengaja membahas informasi ini untuk anda para orang tua yang tengah kebingungan bagaimana cara mendidik anak dengan benar.

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja dan Keras Kepala

cara mendidik anak agar cerdas banyak sekali caranya

www.cakapsehat.com

Jangan Menghukum Anak dengan Kekerasan Fisik

Orang tua yang baik sebenarnya tidak akan menghukum anaknya dengan menggunakan fisik walaupun anak sudah melakukan kesalahan yang sangat fatal. Entah mengapa kebanyakan orang tua suka memukul anak dengan menggunakan tangannya atau benda lain ketika anak mengalami kesalahan.

Melakukan kekerasan fisik malah akan membuat anak menjadi keras kepala dan semakin membangkang. Ketika ia masih anak-anak cobalah bicarakan dengan baik-baik atau nasihati dengan lembut dan ketika remaja anda mulai dapat memberikan aturan-aturan. Melakukan kekerasan fisik malah akan membuat anak semakin keras kepala.

Berikan Kasih dan Perhatian

Anak manapun akan merasa sangat nyaman dan bahagia ketika orang tuanya menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya. Hal kecil ini akan membuat anak merasa dihargai dan merasa dicintai. Anak terkadang tidak membutuhkan materi saja tapi juga perhatian dan kasih sayang.

Jangan Turuti Semua Keinginan Anak

Walaupun anda benar-benar menyayangi dan mencintai anak maka jangan pernah menuruti semua keinginan anak. Memanjakan anak dengan memberikan semua keinginannya akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang nakal dan manja. Ia selalu memaksa orang tuanya untuk memenuhi semua keinginannya. Anda dapat mengguanakan sistem reward yaitu ketika ia berhasil mengerjakan suatu tugas maka anda dapat memberikannya hadiah.

Jangan Terlalu Banyak Melarang

Anak yang cerdas terkadang ingin mengetahui dan mencoba semua hal tanpa mengetahui resikonya akan seperti apa. Orang tua manapun pasti takut hal buruk terjadi kepada anaknya. Namun anda juga tidak boleh terus-terusan melarang anak, anda harus memberikan batasan terhadap suatu hal yang dapat membahayakan anak. Biarlah ia mencoba sekali sebab rasa penasaran malah justru membuat anak menjadi penasaran dan ingin melakukannya.

Ajar Anak untuk Tidak Berbohong

Selanjutnya orang tua yang baik ialah tidak mengajarkan anaknya untuk berbohong. Mulailah dari anda terlebih dahulu untuk memberikan contoh terbaik kepada anak. Ajarkan anak untuk terbuka dalam setiap masalah atau kendala yang dihadapinya. Jangan biasakan anak tertutup mengenai perasaanya sebab ini nantinya akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang tidak jujur.

Leave a Reply