5 Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas – Orang tua manapun tentu ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar atau cerdas. Anak yang pintar sudah pasti dapat membanggakan orang tua dan dapat bersaing dengan hebat di lingkungan sekitarnya. Anak pintar juga memiliki kreatifitas dan inteligensi yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu atau memahami sesuatu. Tapi sebenarnya itu semua adalah tugas orang tua bagaimana cara mendidik dan melatih otak anak agar cerdas.

Anak adalah diibaratkan kertas putih dan orang tualah yang dituntut bagaimana cara menggambar atau menulis kertas putih tersebut agar menjadi kertas bewarna dan berguna. Banyak strategi yang dapat dilakukan orang tua dalam mendidik anak tersebut, mungkin guru diajarkan ilmu paedogogik yaitu ilmu memahami jiwa anak didiknya, namun ibu atau orang tua juga harus paham akan hal tersebut.

Cara Mendidik dan Melatih Otak Agar Anak Cerdas

cara agar anak cerdas yaitu dengan memberikan ruang yang bebas

syihana.blogspot.com

Kenalkan Kepada Teknologi

Anak yang dikenalkan dengan ilmu teknologi biasanya akan lebih tertarik dan semangat. Ia sangat menyukai ilmu-ilmu yang berhubungan dengan visual atau audio. Maka biarkan ia bermain teknologi dan bimbinglah ia agar tidak melampaui batas.

Berikan Hadiah

Guru yang belajar ilmu pedagogik pasti tahu bahwa cara mendidik dan melatih otak anak agar cerdas adalah dengan memberikan hadiah atas keberhasilan yang ia raih. Memberikan hadiah atau istilahnya reward akan membuat anak lebih semangat mempertahankan keberhasilannya dan mereka cenderung akan berusaha lebih baik lagi.

Jangan Batasi Ruang Gerak Anak

Anak sangat tidak suka bila ruang geraknya dibatasi maka ketika ia bermain atau mencoba hal baru biarkanlah ia bermain. Tugas orang tua yaitu mengawasi dan menjaga anak agar ia tetap melakukan hal yang sesuai dengan ketentuan.

Mulailah dari Keluarga

cara-mendidik-anak

Keluarga memang mempunyai andil besar dalam melatih anak agar menjadi lebih cerdas dan lebih pintar. Anda dapat membiasakan anak untuk belajar menggunakan otak kanan dan otak kirinya. Pastikan bahwa otak kiri dan otak kanan anak berjalan dan tumbuh secara seimbang. Janganlah paksa anak untuk selalu menerima informasi biarkan ia bermain dan menerima ilmu sesuai dengan usianya.

Berikan Makanan Sehat

Makanan sehat sudah pasti harus diberikan kepada anak-anak, jika anda ingin anak tumbuh dengan anak yang cerdas. Penuhi nutrisi dalam tubuhnya seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat sehingga anak akan lebih cerdas dan lebih cepat dalam menyerap ilmu di sekolah.

Tidak susah menerapkan cara agar anak cerdas, tinggal bagaimana cara kita memperlakukan anak dengan baik dan biarkan ia bermain dengan imajinasinya ketika memahami suatu pelajaran. Pada dasarnya anak pintar, tinggal orang tuanyalah yang tahu bagaimana cara membimbingnya.

Add Comment

Kuliner
Banyak quote-quote unik di Puncak Becici
Dilarang Melempar Mantan di Puncak Becici!
lawang sewu yang dianggap angker
Serunya Wisata Tiga Budaya di Semarang Bersama Keluarga
Patung Maung di Tangkuban Parahu
Semacam Jalan-Jalan ke Tangkuban Parahu Bareng Genk Paracetamol Plus Adu Kamera OPPO vs Xiaomi
Kesehatan Parenting Relationship
Foto pengantin bersama para tamu spesial
Selamat Menempuh Hidup Baru
banyak hal yang dilakukan jomblo di malam minggu, kalian harus tau
Kegiatan Jomblo di Malam Minggu Selain Bermain Game, Kamu yang Mana?
Untukmu yang Sedang Galau Menanti Jodoh