Cara Mendapatkan Pahala Haji dan Umroh dengan Sholat Sunnah Isyroq (Syuruq)

Pahala haji dan umroh itu sangat besar. Tapi tidak semua orang dapat melaksanakan haji dan umroh, entah itu karena terhalang biaya atau yang lainnya. Namun, Allah itu Maha Adil. Sehingga ada amalan lain yang berpahala setara dengan haji dan umroh sempurna, sempurna, sempurna. Bahkan dapat kita dapatkan setiap hari. Mau tau bagaimana cara mendapatkannya?

Pengertian Syuruq

Sebelumnya kita harus tahu apa itu syuruq. Syuruq yaitu waktu dimana matahari mulai terbit. Tibanya waktu syuruq berarti berakhirnya waktu Subuh. Di waktu ini kita diharamkan untuk melaksanakan sholat.

Kita dapat mengetahui waktu syuruq di almanak astronomi atau jika mampu, menghitungnya sendiri dengan algoritma tertentu.

Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Isyroq

Kapankah waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunnah Isyroq? Katanya waktu Isyroq itu waktu diharamkannya untuk melaksanakan sholat?

Waktu pelaksanaan sholat sunnah Isyroq yaitu 15 menit setelah terbitnya matahari. Atau biasanya 90 menit dari waktu sholat Subuh. Waktu ini juga bisa dikatakan awal waktu Dhuha.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Sunnah Isyroq[sociallocker]

Cara melaksanakan sholat sunnah Isyroq sama seperti melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat lainnya. Hanya saja ada syarat khusus sebelum melaksanakan sholat sunnah Isyroq. Secara lengkap seperti ini.

Agar mendapatkan pahala haji dan umroh sempurna, sempurna, sempurna, maka tahapannya seperti ini:

  1. Sholat Subuh berjamaah (laki-laki wajib di Masjid)
  2. Duduk berdzikir di tempat sholat hingga masuk waktu sholat Isyroq (15 menit setelah matahari terbit)
  3. Sholat Sunnah Isyroq 2 rakaat

Selain berdzikir, bisa pula diganti dengan membaca Al Qur’an atau menghadiri majelis ilmu. Namun jika selama menunggu waktu syuruq kita melakukan hal duniawi (misal chatting, sms-an, dan sebagainya) maka batal pahala haji dan umrohnya.[/sociallocker]

Dalil Keutamaan Sholat Sunnah Isyroq

Seperti disinggung di awal, bahwa sholat sunnah Isyroq memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, yaitu mendapatkan pahala haji dan umroh sempurna, sempurna, sempurna. Adapun dalilnya yaitu sebagaimana hadist berikut ini:

Dari Anas bin Malik rodhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah sholallahu ‘alihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh secara berjamaah, lalu ia duduk berdzikir hingga terbit matahari, kemudian sholat dua rokaat, maka akan mendapatkan pahala haji dan umroh. Rasulullah sholallahu ‘alihi wa sallam melanjutkan, “sempurna, sempurna, sempurna (pahalanya).” (HR. At Tirmidzi II/481 no. 586)

Derajat hadist tersebut dinyatakan hasan oleh syaikh Al Albani dalam Misykatu Al-Mashobih I/212 no.971, Shohih At-Targhib wa At-Tarhib I/111 no.464, dan Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah IX/189 no.3403.

Demikianlah pembahasan tentang sholat sunnah Isyroq yang pahalanya seperti haji dan umroh yang sempurna, terlebih di bulan Ramadhan ini. Semoga kita dimudahkan Allah untuk melaksanakan sholat sunnah Isyroq. Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. iwan March 18, 2016
  2. Suhe March 19, 2016

Add Comment