Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Teknik Wick

Tahukah kamu apa itu pakcoy? Mungkin saja kamu pernah memakannya namun tidak mengetahui namanya. Buat kamu yang penasaran apa itu pakcoy dan bagaimana cara menanam pakcoy dengan sistem hidroponik, silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Berkenalan dengan Pakcoy

www.americanseedalliance.org
www.americanseedalliance.org

Pakcoy yaitu sayuran hijau yang masih satu golongan dengan sawi. Bahkan pakcoy sering dinamai sawi sendok akibat bentuknya yang memang mirip sendok. Ada pula yang menamakan sawi manis atau sawi daging karena pangkalnya yang lembut dan tebal seperti daging.

Pakcoy yang biasa digunakan untuk bahan sup atau sebagai penghias makanan ini berasa dari Cina. Di sana pakcoy sangat populer dan menyebar ke negara lainnya termasuk Indonesia. Tidak hanya warga Cina, warga pribumi pun mulai menyukai pakcoy karena lezat dan manfaat yang terdapat di pakcoy.

Cara Menanam Pakcoy atau Sawi Sendok Sistem Hidroponik

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Menanam pakcoy hidroponik pada dasarnya sama saja dengan menanam tanaman hidroponik lainnya. Kita tidak memerlukan lahan yang luas untuk berkebun. Dan hasilnya bisa untuk konsumsi keluarga atau bahkan dapat dijadikan bisnis sampingan.

Cara menanam pakcoy atau sawi sendok sistem hidroponik sangat mudah. Kamu dapat memanfaatkan botol bekas dan memilih teknik hidroponik mana yang paling mudah. Jika sudah memilih, maka kita mulai menanam pakcoy hidroponik.

Persiapan

Sangat dianjurkan buat kamu yang berniat menanam pakcoy dengan sistem hidroponik menyiapkan semua alat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk menanam pakcoy hidroponik.

  1. Rockwool
  2. Net pot
  3. Nutrisi hidroponik
  4. Benih pakcoy
  5. Kain flanel
  6. Sterofom
  7. Ember
  8. Alat lainnya sesuai teknik yang digunakan

Persemaian

Benih pakcoy yang sudah disiapkan taruh di media tanam. Namun sebelumnya, media tanam dibasahi dan bisa menggunakan rockwool. Setiap persemaian, cukup taruh 1-2 benih pakcoy. Tutuplah dengan rapat dan disimpan di tempat yang gelap agar terjaga kelembabannya hingga benih mengeluarkan tunas. Buka penutup jika benis sudah bertunas. Pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari agar pertumbuhannya tidak hanya meninggi.

Menanam

Ketika sudah keluar 3-4 helai daun, kamu dapat memindahkan persemaian tersebut ke media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Berikanlah nutrisi hidroponik yang telah dilarutkan agar optimal pertumbuhannya. Oh iya, menanam dengan sistem hidroponik berbeda dengan menanam pakcoy di kebun yang harus menggunakan pupuk organik atau pun pupuk sintetis.

Perawatan

tamanlestari.com
tamanlestari.com

Cek kondisi tanaman pakcoy secara rutin. Dan jangan sampai kehabisan nutrisi.

Panen

Waktu panen pakcoy biasanya pada hari ke-45.

Ikutilah langkah-langkah di atas agar mendapatkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menanam Mawar Rainbow yang Mudah dan Murah

3 thoughts on “Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Teknik Wick

Leave a Comment