cara menanam cabe ini sangat mudah bagi pemula sekalipun

Cara Menanam Cabe Ini Sangat Mudah Bagi Petani Pemula Sekalipun

Cara Menanam Cabe – Mengingat harga cabe semakin naik dari waktu ke waktu, tentu hal ini akan membuat sebagian masyarakat mencari alternatif lain bagaimana mendapatkan cabe dengan harga murah. Di Indonesia sendiri, para penikmat cabe sebagai bumbu masakan tergolong masih sangat banyak sekali sehingga mereka akan merasa kehilangan selera makan tanpa kehadiran bumbu masakan bercampur cabe.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan cabe secara cepat dan praktis, sebenarnya tak perlu membelinya ke pasar swalayan tapi bisa langsung menanamnya di lahan pekarangan rumah. Untuk itulah, kamu setidaknya harus mempelajari bagaimana Cara Menanam Cabe dengan baik dan benar.

Tekniknya tidak begitu sulit, asalkan mampu mengikuti langkah dasar setiap tahapanya. Bahkan bila dilihat dari segi perbisnisan, cabe termasuk salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Jadi, selain dapat dikonsumsi sendiri, kamu juga mendapatkan satu peluang untuk mengembangkan bisnis cabe. Bukan begitu?

Cara Menanam Cabe

Pemilihan Bibit

bibit cabe siap tanam
tokowartani.wordpress.com

Sebagian masyarakat akan selalu menentukan lebih dulu bibit cabe apa yang ingin ditanam. Seperti misalnya kamu ingin menggunakan bibit cabe rawit atau cabe merah. Tahap awalnya, kupaslah bibit tersebut dan ambil bijinya. Masukkan ke dalam air yang sudah diberi campuran khusus untuk memilah biji yang siap ditanam.

Sebagai catatan, biji tenggelam pertanda kurang baik ketika ditanam. Kemudian jemur di bawah terik matahari secara langsung sampai kering. Ingat kamu harus memilih bibit cabe segar supaya hasil akhirnya bagus.

Menyiapkan Semaian

Langkah kedua yaitu menyiapkan semaian. Kamu dapat memakai salah satu cara antara polibag atau bendengan. Tapi pada kasusnya, banyak petani menggunakan media bendengan karena hasilnya lebih maksimal. Caranya, buat bendengan semaian di lahan kosong, berilah pupuk kimia TSp dan pupuk kandang secukupnya.

Lalu ambil bibit cabe yang sudah kering tadi, taburkan di sekitar persemaian. Tutup kembali bagian atasnya dengan gulma kering atau alang – alang kering. Bila diperlukan, pasangan peyangga untuk peyangga sekitar 50 cm diatas bendengan.

Lahan Perpindahan Bibit

amalbaktiinsani.wordpress.com
amalbaktiinsani.wordpress.com

Cara Menanam Cabe ketiga yakni memindahkan ke lahan luas. Jika kamu sudah melihat daun sekitar 5-6 helai maka bibit sudah siapa dipindahkan ke lahan lebih luas. Siapkan lahan yang sudah digemburkan sebelumnya kemudian buat kembali bendengan dengan ukuran 1-1,5 meter dan ketinggan kisaran 30 cm. Sedangkan jarak antara bendengan ambil masing – masingnya 30-40 cm.

Lubangi setiap tanah dengan jarak lubang antara 40-60 cm. Biarkan lahanya seharin penuh agar kombinasi zat didalamya bisa tercampur sempurna. Jangan lupa untuk tetap mengairi secukupnya. Barulah kamu dapat memindahkan bibit tersebut ke setiap lubangnya. Jika sudah selesai, tutup lagi dengan tanah di sekitar lubang.

Pemupukan

Lakukan penyemprotan air secara rutin dan tidak boleh berlebihan. Berilah pupuk kandang dan campuran pupuk TPS atau urea secukupnya ke masing – masing ke batang cabe. Untuk catatan, akan lebih bagus bila kamu memperbanyak pemupukan lewat pupuk kandang karena bersifat alami sehingga mampu mempercepat pertumbuhan yang optimal.

Pemeliharaan Umum

Seperti yang kamu ketahui, perawatan rutin sangatlah penting demi memaksimalkan perkembangan tanaman cabe. Dimana kamu perlu melakukan penyiraman setiap hari minimal 2 kali sehari. Bersihkan juga gulma atau pengganggu hama di sekeliling lahan (bendengan).

Penyemprotan sejenis pestisida suatu saat pasti diperlukan bila tanaman cabe mulai terserang hama namun lebih baiknya semprotkan secara rutin berdasa anjuran. Biasanya dalam beberapa minggu kedepan akan muncul daun – daun yang telah menguning dan itu pertanda asupan nutrisinya berkurang maka solusinya adalah petik saja daun tersebut.

Panen

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Umumnya panen akan berlangsung setelah 4-5 bulan tergantung jenis tanaman cabe dan juga perawatanya. Jadi kamu tidak boleh mengabaikan pemeliharaan rutin agar kondisi buah ketika masak (matang) benar – benar bagus dan nampak segar. Ciri – ciri cabe siap panen yaitu buahnya bewarna orange kekuning – kuningan, daunya alum serta tak menandakan pertambahan buah atau perkembangan lagi.

Itulah tips Cara Menanam Cabe secara sederhana. Semoga dapat membantu kamu yang ingin segera menanam cabe di pekarangan atau lahan belakang rumah. Terima kasih atas kunjunganya, sekian.

Leave a Comment