Cara Menanam Buah Naga Seperti Ini Menghasilkan Keuntungan yang Melimpah

Buah naga berasal dari Mexico di sebelah Amerika Tengah dan di bagian Amerika Selatan. Apakah daerah Amerika mempunyai cuaca dan kondisi tanah yang sama dengan Indonesia? Apakah bisa menanam buah naga di Indonesia yang asalnya dari tempat negara Amerika yang kering tandus seperti itu? Bagaimana cara menanam buah naga yang baik dan benar agar dapat berbuah? Semuanya bisa dilakukan asal kamu tahu ilmu cara menanam buah naga.

nirwana-nusantara.blogspot.com

nirwana-nusantara.blogspot.com

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika menanam buah naga menurut petunjuk aturan cara menanam buah naga yang baik dan benar adalah:

1. Memperhatikan kondisi tanah

Buah naga membutuhkan kondisi tanah yang berpasir, kering, kalau bisa agak kemerah merahan, dan mengandung PH normal yaitu 6 sampai 7. PH tanah sangat penting dalam aturan cara menanam buah naga. Jika PH cenderung asam, maka akar dan batang bisa menjadi busuk karena banyaknya jamur.

Selain itu juga bisa menyebabkan serapan unsur Kalium terganggu sehingga buah naga menjadi kerdil. Jika PH kurang dari 6 atau lebih dari 7 berarti tanah masih condong bersifat basa atau asam. Untuk mengatasi agar PH menjadi normal bisa dilakukan peningkatan atau penurunan PH tanah dengan cara pengaplikasian kapur atau Dolomit.

Demikian juga jika tanahnya keras bisa diatasi dengan cara menambah pasir atau abu sekam. Waspadalah terhadap musim hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi dan sistem drainase harus berfungsi dengan baik karena bisa mengakibatkan turunnya kadar PH dalam tanah.

2. Memperhatikan cabang pohon buah naga

Jumlah cabang yang terlalu banyak tidak bagus karena dapat berpengaruh menurunkan hasil produksi. Idealnya jumlah cabang buah naga yang baik itu sekitar 4 sampai 6 cabang per pohon.

3. Memperhatikan ketika masa berbuah

Proses pembentukan dan pembesaran buah naga harus diperhatikan. Agar buah naga mempunyai bentuk yang besar dan berkualitas, ketika masih dalam proses pembentukan dan pembesaran diperlukan unsur Kalium. Unsur Kalium alami bisa didapat dari fermentasi serabut kelapa, pangkal pohon pisang, tulang ikan, dan daun teh. Sedangkan untuk Kalium anorganik bisa didapat dari ZK, MKP, dan KNO3. Cara memberi pupuk berupa unsur Kalium bisa dengan cara disemprotkan atau ditaburkan di sekitar tanaman.

Langkah-langkah cara menanam buah naga:

1. Siapkan lahan untuk media tanam

Satu bulan sebelum menanam buah naga, buatlah beberapa lubang tanah berbentuk segi empat dengan ukuran 40x40x40 cm dengan jarak antar lubang 2 meter. Lalu beri pupuk kandang yang masak sebanyak 5 sampai 10 kg yang dicampur dengan tanah.

2. Siapkan tiang penyangga

www.buahnagakuning.com

www.buahnagakuning.com

Batang pohon naga tidak kokoh, oleh karena itu diperlukan tiang penyangga untuk menopang batang pohon naga tersebut. Tancapkan tiang penyangga ke dalam tanah sedalam 50 cm. Tiang penyangga bisa dibuat dari kayu atau beton ukuran 10×10 cm dan tinggi 2 meter. Ujung bagian atas diberi besi yang berbentuk lingkaran untuk menopang cabang tanaman.

3. Lakukan pemilihan bibit

Bibit diperoleh dari stek batang pohon naga. Pilihlah batang pohon naga yang besar, tua, berwarna hijau keabu abuan, dan yang bebas dari penyakit untuk pembibitan. Potong batang yang telah dipilih dengan ukuran 25 sampai 30 cm. Lalu tanam ke dalam polybag dengan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Setelah bibit berumur 3 bulan, bibit siap ditanam ke lahan yang sudah disiapkan tadi.

4. Lakukan penanaman bibit

www.teropongbisnis.com

www.teropongbisnis.com

Setelah berumur 3 bulan, pindahkan bibit dari polybag ke lahan. Tanam bibit di sekitar tiang penyangga dengan kedalaman 10 cm. Jangan terlalu dalam agar bagus pertumbuhannya. Lalu tekan tekan media tanam agar bibit tidak mudah roboh. Setelah itu siram media tanam dengan air. Perlu diperhatikan juga bahwa bibit sebaiknya ditanam di tempat terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung.

Demikianlah langkah langkah cara menanam buah naga. Jangan lupa setelah menanam buah naga lakukan pengawasan dan perawatan, jangan sampai media tanam tergenang air, lakukan penyemprotan pupuk dan penyemprotan fungisida, serta potong cabang batang pohon naga yang terlalu banyak agar tidak mengganggu pertumbuhan buah naga. (Baca juga tentang: Mudahnya Budidaya Buah Naga dengan Untung yang Menggiurkan)

Add Comment