Cara Menanam Anggrek yang Mudah Dilakukan oleh Pemula

Cara Menanam Anggrek – Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cocok sekali bila ditanam di lingkungan rumah. Selain itu, bau harumnya juga ikut menyejukkan aroma di sekitar rumah. Seiring berkembangnya zaman, nampaknya harga jual bunga tersebut meninggi karena sudah jarang terlihat di taman atau kebun di wilayah perkotaan. Oleh karena itu, daripada kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang akan lebih baik jika mencoba menanamnya secara mandiri.

Sebenarnya Cara Menanam Anggrek sama seperti menanam pada umumnya namun yang perlu diperhatikan disini adalah jenis varietas bunga anggrek. Kenapa? Karena tidak semua jenis anggrek mampu tumbuh di suatu lingkungan atau kondisi tertentu, jadi memilih varietas unggulan merupakan hal mutlak agar bunga anggrek yang akan ditanam dapat tumbuh cepat dan tentunya tidak mudah layu atau mati. Berikut penjelasan detail dari awal penentuan bibit sampai perawatannya dibawah ini.

Cara Menanam Anggrek

1. Menentukan Bibit

pilihlah bibit tanaman anggrek yang bagus

anggrekwagimanmeruyung.blogspot.com

Ada banyak sekali varietas bunga anggrek, namun beberapa diantaranya memiliki keunggulan seperti tahan terhadap penyakit, cepat pertumbuhanya dan kualitas tanaman lebih baik dari lainya. Sebagai contoh, kamu bisa memilih bibit anggrek catteleya atau anggrek dendrodium.

Selanjutnya, menyiapakan bibit terbaik. Biasanya tak mudah menemukan bibit berkualitas tinggi, jadi akan lebih baik langsung membelinya di penyedia bibit legal atau pengrajin tanaman hias utamanya pecinta anggrek. Dengan begitu, bibit akan siap ditanama tanpa kamu harus melewati proses persemaian yang dibilang butuh waktu lama belum lagi jika gagal di tengah jalan.

2. Persiapan Media Tanam

media tanam untuk anggrek mesti diperhatikan

tanamanbunga.com

Ketika bibit sudah didapatkan, silahkan menuju persiapan medianya. Kamu dapat menggunakan pot bunga ukuran sedang lalu isilah campuran bahan tanah, pupuk kandang, serabut kelapa, arang, pecahan batu bata atau genting. Susunanya, tempatkan pecahatan batu bata di bagian bawah sendiri, lalu serabut kelapa dan arang kemudian masukkan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan setidaknya 1 hari agar kandungan zatnya tercampur merata.

3. Tahap Penanaman

Cara Menanam Anggrek selanjutnya yaitu tahap penanaman. Pada dasarnya sama seperti menanam tanaman lain dengan memindahkan bibit untuk kemudian ditempatkan di bagian lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu timbun memakai tanah di sekitarnya dan jangan lupa tutuplah pakai abu hingga batas pangkah batang.

Sebagai anjuran, tanamlah bibit bunga anggrek sebelum pukul 8 pagi agar tidak langsung terkena sinar matahari yang mengakibatkan layu bahkan mati. Setelah itu, segera sirami bibit tersebut demi menjaga kelembapan sekaligus menyesuaikan terhadap lingkungan baru.

4. Proses Pemeliharaan

cara menanam anggrek ini dijamin 100% tumbuh

www.ayeey.com

Pemeliharaan bunga anggrek tidaklah terlalu sulit karena kamu hanya perlu menyiramnya secara berkala. Jadi akan lebih efektif bila waktu pernyiraman disesuaikan terhadap kondisi kelembapan tanah mengingat meski bunga anggrek butuh kecukupan air tapi jika berlebihan dapat membuatnya tidak bisa berkembang dengan baik. Apalagi ketika kamu menyemprotkanya langsung ke bagian bunga, maka sangat beresiko membuat kuncupnya tak tumbuh sempurna hingga berimbas pada pigmen pewarnaan bunga anggrek.

5. Masa Panen

Bunga anggrek memiliki masa panen yang cukup singkat. Perkiraan hanya butuh beberapa minggu saja untuk memunculkan keindahan dan kecantikan bunganya. Maka dari itu, perlu perhatian khusus bila kamu benar – benar ingin menanam tanaman tersebut agar dapat menghiasi lingkungan rumahmu.

Demikianlah Cara Menanam Anggrek secara benar dan tepat. Semoga dapat membantumu suatu saat nanti ketika ingin mempraktekkanya. Sekian dulu informasi diatas, kalo berkenan sebarluaskanlah supaya bermanfaat pula bagi orang lain di sekelilingmu. Terima kasih.

Add Comment