Cara Budidaya Buah Naga yang Terbukti Sukses dan Menguntungkan

Kandungan buah naga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh sepertinya membuat daya tarik para petani beralih untuk melakukan pengembangan terhadap tanaman tersebut. Hal ini di dukung pula dengan peningkatan harga jualnya sehingga banyak orang berlomba – lomba menanam buah naga. Berbicara soal Cara Menanam Buah Naga, pasti kamu berpikiran tanaman yang satu ini hanya bisa ditanam di area (lahan) luas.

Tidaklah demikian, meski ditanam di atas pot atau pekarangan rumah buah naga mampu tumbuh cepat hingga berbuah selama kamu mengerti teknik dasar penanamanya. Sebenarnya ada beberapa teknik yang bisa dilakukan namun pembahasan dibawah ini mengacu pada hal – hal mendasar dan sangat sederhana agar kamu tidak merasa kesulitan setiap kali mengikuti langkah – langkahnya. Selebihnya, segera simak step by step mulai awal pemilihan bibit, pemeliharaaan sampai pemanenan. Baca, pahami dan lebih bagus lagi segera praktekkan.

Cara Menanam Buah Naga

nirwana-nusantara.blogspot.com
nirwana-nusantara.blogspot.com

Pemilihan Bibit

Untuk memilih bibit, ada kriteria – kriteria tertentu utamanya mengambil bibit buah naga yang batangnya agak besar dan nampak lebih tua. Pastikan juga bahwa bibit tersebut bebas dari penyakit. Idealnya memiliki panjang sekitar 30 cm kemudian kamu dapat menanamnya di sebuah polybag ukuran kecil dengan kedalaman sampai 10 cm. Bagi kamu yang merasa kesulitan menemukan sebuah bibit, maka solusinya bisa langsung membelinya di toko pertanian atau penyedia bibit unggulan. Tinggal berikutnya, sirami dengan rutin minimal 2 kali sehari dan tempatkan di area teduh agar tak terkena sinar matahari secara penuh karena dikhawatirkan akan membuatnya semakin layu atau mati.

Persiapan Media Tanam

Kamu boleh saja menggunakan tanah saja sebagai media tanamnya namun akan lebih baik jika terdapat campuran tanah, pasir, pupuk kandang serta kompos (perbandingan 1:2:3:1). Alasanya bahwa campuran bahan tersebut mampu menunjang pertumbuhan maupun kesuburan tanaman. Setelah itu, masukkan ke dalam pot ukuran sedang. Ingat pemilihan pot juga harus diperhatikan. Seperti yang kamu ketahui, pot berbahan tanah liat mampu menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan. Disisi lain, dapt pula menjaga sirkulasi udara dengan baik. Menurut sumber, semakin besar pot yang dipakai akan membawa dampak baik bagi kesehatan tanaman. Minimal kamu menggunakan pot berdiameter 40 cm. Biarkan media tersebut seharian penuh supaya kandungan zat – zat didalamnya tercampur sempurna.

Penanaman Bibit

www.teropongbisnis.com
www.teropongbisnis.com

Cara Menanam Buah Naga berikutnya, setelah beberapa tunas muncul dari bibit buah naga maka tanaman pun siap dipindahkan ke pot yang tadi sudah disiapkan sebelumnya. Seperti biasa,tanamlah ke dalam media tanamnya namun jangan terlalu dalam. Timbun kembali, bagian batang dengan tanah di sekitarnya (catatan tidak boleh memenuhi pot). Pastika juga terdapat tiang peyangga (kawat) sebagai penopangnya demi mendukung perambatan batang dari buah naga.

Perawatan

Menuju cara pemeliharaanya bisa dibilang agak – agak sudah mengingat tanaman buah naga butuh waktu yang lama sekali untuk berbuah. Tak jarang, meski sudah berbunga tapi tidak muncul buahnya. Nah, untuk kamu tentu masih bisa mensiasatinya tidak hanya dengan penyiraman rutin 2-3 kali sehari tetapi juga memupuknya ketika berumur 2-3 bulan. Pupuk yang cocok agar tanaman tersebut cepat berbuah adalah sejenis pupuk kandang. Sebisa mungkin ada unsur N lebih tinggi daripada P. Sedangkan untuk mengatasi masalah gugur bunga atau busuk (pada batang atau buah) maka kamu bisa memberikan KNO3 setelah muncul bakal bunga. Disamping itu, pemangkasan cabang yang tak perlu juga perlu dilakukan agar terjaga kesehatanya.

Masa Panen

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Jika penyiraman, pemupukan serta pemeliharaanya efektif, dapat diperkiraakan masa panen berlangsung ketika usia memasuki 6-10 bulan. Sekali lagi, hal ini tergantung pula dengan faktor cuaca, lingkungan dan sebagainya.

Begitulah Cara Menanam Buah Naga yang memang memerlukan kesabaran dan proses panjang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment