Bagaimanakah Cara Agar Anak Cepat Bicara? Yuk disimak!

Cara Agar Anak Cepat Bicara – Pada dasarnya, setiap anak memiliki perkembangan kemampuan berbicara yang berbeda-beda. Sebagian anak bisa berbicara dengan cepat, namun sebagian juga membutuhkan stimulasi berulang-ulang agar ia mau berbicara. Nah, sebagai orang tua, kita tentunya menginginkan yang terbaik bagi anak kita, termasuk untuk perkembangan berbicaranya.

Cara Agar Anak Cepat Bicara

Pada berbagai kasus, sering dijumpai anak yang belum bisa berbicara dibanding dengan anak seumurnya atau ada juga anak yang tidak bisa menanggapi sebuah pembicaraan. Pada beberapa kasus lainnya, sang anak tidak berbicara namun ia paham mengenai yang dibicarakan orang lain. Jika sudah demikian, para orang tua pasti merasa sangat resah dan menginginkan agar buah hatinya segera berbicara. Nah, berikut ini sejumlah cara yang bisa membantu untuk melatih anak Anda agar mau berbicara. Beberapa cara melatih anak bicara yaitu sebagai berikut:

Pengulangan

cara melatih anak bicara yaitu dengan pengulangan kata

alkisahdarikami.blogspot.com

Jika anak Anda sering mendengarkan sebuah kata, maka semakin besar pula kemungkinan baginya untuk menirukan kata tersebut. Maka dari itu, sering-seringlah mengulang sebuah kata saat berbicara dengan anak Anda. Sebagai contoh, saat Anda ingin mengajaknya bermain bola, katakan ‘kamu ingin bermain bola yah?’, lakukan hal ini sembari memegang bolanya dan letakan di hadapannya. Kemudian katakan lagi, ‘ayo, bolanya sudah datang’, sambil mengarahkan bola tersebut kepadanya dan katakan lagi ‘ayo tangkap bolanya!’.

Dalam hal ini, Anda melakukan pengulangan pada kata bola. Semakin sering ia mendengarkan kata bola, maka semakin besar peluang baginya untuk meniru kata tersebut. Lakukanlah hal ini pada kata lainnya. Intinya, pada masa awal kehidupan sang anak, ia akan belajar dengan cara meniru perilaku orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, perbanyaklah kesempatan baginya untuk bisa mendengarkan kata-kata baru setiap harinya.

Banyak Berbicara

Perbanyaklah waktu Anda untuk berbicara dengannya, misalnya saat pagi hari, ‘kita makan bubur ayam ya sayang’. Pada kesempatan lainnya, misalnya ketika Anda sedang menonton TV bersama, maka ceritakanlah mengenai apa yang sedang Anda tonton, lalu setelah itu ceritakan lagi hal tersebut. Jika memang memungkinkan, jalanilah hari Anda bersamanya dengan mengisi perbincangan mengenai apa saja yang Anda lalui bersama.

Bergantian Saat Berbicara

Cara melatih anak bicara selanjutnya adalah dengan bergantian saat berbicara. Berikanlah waktu bagi anak Anda untuk berbicara kepada Anda. Jika ternyata hal ini belum bisa juga memancing ia untuk berbicara, maka terus ulangi namun pastikan situasinya berbeda dari sebelumnya, misalnya pada saat makan atau saat bermain.

Tatap Mata Saat Berbicara

Ketika Anda sedang berbicara dengannya, pastikan untuk menatap matanya sesering mungkin. Dari hal ini, maka ia akan belajar berbicara lewat ekspresi wajah Anda. Untuk beberapa anak, cara seperti ini sangat membantu dalam proses belajarnya.

Beri Pilihan

Saat Anda membelikan ia sesuatu seperti keripik atau wafer, maka berikan kesempatan baginya untuk memilih mana yang ia inginkan sambil menyodorkan kedua pilihan tersebut. Tunjukkan padanya mana yang dimaksud keripik dan yang mana wafer. Teruslah stimulasi anak Anda agar ia mau menentukan pilihannya sendiri.

Berikan Waktu

Ketika sedang berbicara dengannya, berikan ia waktu agar bisa merespon apa yang Anda katakan. Berilah waktu yang lebih baginya untuk menyampaikan apa yang ingin ia katakan. Jika sang anak memang ingin berusaha, maka Anda akan melihat usahanya untuk bisa mengucapkan sesuatu, meskipun itu hanya terdengar seperti ocehan saja. Ingat, selalu lakukan perulangan pada stimulasi yang sudah Anda berikan.

Beri Pujian

cara melatih anak bicara yaitu dengan memberikan reward

ourimgs.com

Jika sang anak berhasil mengeluarkan sebuah kata dari mulutnya, maka segera beri pujian. Sekalipun ia hanya mengatakan ‘ba’, namun pujian yang Anda berikan akan membuatnya merasa lebih dihargai dan selanjutnya akan berusaha lebih agar bisa menyampaikan kata-kata yang lainnya.

***

Selain cara di atas, Anda juga sebaiknya mencari tahu mengenai seberapa jauh orang lain paham mengenai apa yang anak Anda katakan. Hal ini sangat membantu agar Anda bisa mengukur seberapa jauh kemajuannya dalam berbicara. Selain itu, hal ini juga membantu Anda untuk bisa merencanakan hal-hal apa lagi yang perlu dilakukan sebagai upaya dalam menstimulasi kemampuan berbicaranya.

Nah, itulah beberapa cara melatih anak bicara yang bisa Anda coba terapkan. Tetaplah tenang dan optimis untuk menstimulasi anak Anda dalam mengembangkan kemampuan bicaranya.

One Response

  1. tikusbray August 25, 2016

Add Comment