Sejarah dan Jenis Bunga Tulip yang Cantik

Bunga Tulip menjadi salah satu genus tumbuhan dengan lebih dari 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga Liliaceae. Bahasa latinya sendiri disebut Tulipa Memang benar jika tulip merupakan bunga sangat liar dan mampu bertahan hidup di tempat – tempat tertentu.

Asal muasalnya dari Asia Tengah, kawasan pegunungan Hindu Kush dan pegunungan Pamur. Namun di negri Belanda juga sudah lama mengenal tulip sebagai bunga hias sedangkan Iran dan Turki telah mengakuinya sebagai bungan nasional.

Ciri paling umum adalah tumbuh diantara 10-70 cm, dengan daun berbentuk lilin, bewarna kebiruan yang sempit dan memanjang. Biasanya jika kamu berhasil mengawinkan tulip,maka akan terdapat warna tunggal pada daearh ternetu (ungu, kuning, hijau, biru, merah, orange).

Di sisi lain, bunga tulip ternyata mampu menghasilkan biji – biji bundar yang nampak dibungkus memakai kapsul kering. Seperti bunga – bunga lainya, tulip ini menjadi tanaman bunga dengan pembudidayaan terbanyak oleh masyarakat umumnya.

Sejarah Bunga Tulip

Pada awalnya bunga ini tumbuh secara liar di daearh Asia Barat dan Tengah. Kemudian atas penemuan tersebut, kerajaan ottoman Turki pun menyukainya hingga mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Variasi warnanya pun telah berkembang seperti garis – garis, jilatan api, coretan kuas dan kombinasi warna lainya.

Sentuhan – sentuhan itu terjadi karena perubahan pigmen alami baik diatas maupun di bagian bawah bunga. Dan pada saat itu juga, ditemukanlah sejenis Tulip Mania yang akibat virus mosaic motifnya begitu indah bahkan banyak diburu oleh orang – orang Belanda. Jadi tak heran bila tingginya permintaan bunga tulip menimbulkan fenomena tersendiri. Akhirnya, hampir setiap tahunnya negara Belanda memasok bunga tulip ke kota Ottawa.

Jenis Bunga Tulip

banyak sekali jenis dari bunga tulip

www.gambar-katakata.com

Beralih ke jenisnya ada sekitar 100 lebih yang berada di dunia. Namun bila kamu ingin melihat dari waktu berbunga dan jenis mahkotanya, bunga tulip digolongkan menjadi 3, antara lain:

1. Berbunga Lebih Awal

Pertama yakni Single Early atau bunga yang cuma mempunyai 6 daun mahkota. Waktu berbunganya di awal – awal bulan (April) dan nampak lebih pendek sekitar 20-30 cm. Kedua, Double Early yaitu buna tulip dengan lebih dari 6 mahkota namun jumlahnya tidak melebihi dibandinga jenis Double Late. Umumnya, bunga ini batangnya kuat dan tahan lama karena masih satu keturunan dari tulip “Murillo”> Awal berbunga juga di awal bulan April.

Ketiga, Kaufmaniana adalah jenis spesies tulip yang sedikit langka mengingat asalnya hanya dari Turkestan. Batangnya terlihat pendek (10-20 cm) dengan bunga terbuka lebar ketika dibawah terik matahari. Keempat, Fosteriana yaitu jenis yang mudah sekali berkembang biak. Asal muasalnya dari Asia Tengah dan memiliki ketinggian sekitar 25-51 cm).

2. Berbunga Agak Lambat

Pertama, Triumph merupakan hasil hibrida terhadap jenis bunga lainya. Bunganya membentuk bulatan telur sehingga mampu bertahan di kondisi buruk sekalipun. Tingginya sekitar 25-41 cm dan berbunga saat memasuki bulan April. Contohnya Zurel, Gavota, Cairo dan sebagainya. Kedua, Darwin Hibrid, adalah jenis Bunga Tulip dari hasi hibrida tulipa fosteriana.

Memiliki bunga lebih besar dibanding jenis tulip lainya. Sedangkan untuk tingginya bisa mencapai 30-51 cm. Pada variasi warnanya, tidak begitu banyak seperti Apeldoorn, Oxford atau Pink Impression. Ketiga, Gregii termasuk spesies tulip dengan batang yang kokoh. Tak hanya itu, ukuran bunganya tampak lebar dan terbuka ketika dibawah sinar matahari. Untuk daunya bercorak garis dan tinggi batang sekitar 20-30 cm.

3. Berbunga Lambat

Pertama, Double Late yakni jenis tulip yang mempunyai daun mahkota berlapis – lapi. Jadi bunganya akan keliatan besar sehingga harus ditanam di tempat yang terlindung. Tingginya bisa mencapai 30-41 cm dan sebagai contohnya Angelique, Ice Cream dan Mount Tacoma. Kedua, Fringed Group adalah jenis tulip dengan mahkota di bagian tepi seperti hisan kristal.

Sangat cantik dan indah ketika kamu memandangnya. Tingginya sekitar 20-76 cm yang juga batangnya lebih kuat (Barbados, Royal Sphinx). Ketiga, Parrot adalah bunga tulip yang dikenal mahkotanya hampir mirip seperti bulu unggas. Mengingat sangat rentan terhadap cuaca buruk maka kamu bisa menanamnya di tempat terlindung. Contohnya, Flaming Parrot, Estella Rijnveld.

Sedangkan di tanah air bahwa Bunga Tulip kurang akrab terhadpa iklim tropis karena membutuhkan suhu rendah supaya tumbuh secara optimal. Jadi akan lebih baik jika kamu menanam bunga tulip di dataran rendah seperti daerah pegunungan. Untuk tekniknya kamu dapat menggunakan salah satunya entah memanfaatkanya biji atau umbinya. Demikianlah pembahasa menarik seputar bunga tulip dan semoga berguna. Terima kasih.

Leave a Reply