Mengenal Ciri-ciri Bunga Teratai dan Manfaatnya

Bunga Teratai atau nama latinya Nymhaea merupakan tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Sedangkan dalam bahasa inggris bisa disebut dengan water-lily. Tahukah kamu jika teratai ini di zaman dahulu kala seringkali tercampuradukkan terhadap tanaman genus Nelumbo (seroja)?

Padahal jenisnya saja tidaklah sama namun masih satu genus. Nelumbo memiliki ciri – ciri bunganya berada di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah dan daunya berbentuk lingkaran penuh. Sedangkan pada kelopak bunga teratai lebih nampak oval serta mengandung air lebih banyak.

Meski begitu, sampai sekarang pun diantara kedua genus tersebut terdapat beberapa kemiripan sehingga masyarakat umum menganggap keduanya sama – sama dalam satu spesies. Untuk lebih jelasnya, mari simak deskripsi detail mengenai bunga teratai.

Ciri – Ciri Bunga Teratai

ciri-ciri bunga teratai yaitu hidup di air

tirtathohiroh.blogspot.com

Bunga ini bisa dikatakan paling unik daripada yang lainya. Kamu tentu sudah pernah melihatnya jika bunga teratai tumbuh subur diatas permukaan air. Di permukaan lumpur sekalipun, bunga tersebut ternyata mampu berkembang dengan baik.

Jelas sekali bahwa baik daun atau bunganya mengandung begitu banyak air. Lalu untuk tangkainya sendiri nampak berada di tengah – tengah daun. Corak bundar bermotif oval pada daun memberikan yang semakin menarik apalagi tempatnya terpenggal di atas jari jari menuju ke tangkai.

Keunikan lain, tidak adanya kandungan lapisan lilin dalam daun sehingga jatuhnya air ke permukaan daun tak membentuk butiran air. Disamping itu, bunga teratai merupakan perpanjangan dari rimpang, karenanya terlihat lebih panjang dan berdiameter 5-10 cm. Untuk spesiesnya terdapat sekitar 50 jenis yang tersebar di seluruh wilayah tropis serta subtropis di belahan dunia.

Teknik Penanaman Bunga Teratai

cara menanam bunga teratai gampang gampang susah

www.gambarbunga.info

Beranjak ke teknik penanamanya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bunga pada umumnya. Namun yang perlu kamu perhatikan disini adalah kecukupan air. Seperti penjelasan sebelumnya bila bunga teratai lebih cocok berada di atas permukaan air.

Jadi menanam lewat sistem hidroponik akan lebih mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembanganya terutama jenis pengairan terus – menerus lalu kembali lagi ke tempat penampungan semula. Dan bila tidak ada pilihan, kamu pun juga bisa menanamnya di atas pot khusus yang mampu menampung lebih banyak air.

Dengan begitu, asupan air terhadap Bunga Teratai dapat tercukupi. Kalo saja medianya hanya tanah gembur bercampur pupuk organik atau kompos tentu saja hasilnya tidak akan optimal dan malah membuatnya gampang layu atau mati.

Manfaat Bunga Teratai

bunga teratai memiliki manfaat untuk kesehatan

caratono.blogspot.com

Menurut beberapa referensi hampir semua bagian bunga teratai bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai catatan, bila kamu benar – benar mengolahnya secara tepat maka khasiatnya dapat berperan penting untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Mulai dari akarnya yang mengandung karbohidrat tinggi dipercaya ampu menjaga keteraturan menstruasi, melancarkan perederan darah, mengatasi sembelit, mengurangi resiko DM serta menurunkan tekanan darah. Lalu tnasnya sendiri juga berkhasiat untuk mempelancar tidur dan mencegah kanker.

Di bagian bijinya, berperan penting dalam mengoptimalkan organ – organ penting seperti hati, limfa, jantung hingga memperbaiki stamina dan mengobati diare maupun disentri. Umbinya, ternyata bisa diolah menjadi makanan – makanan enak misalnya dodok, tumisan dan sejenisnya disamping berguna meredakan demam tinggi sampai wasir.

Sangat menakjubkan bukan? Disisi lain, Bunga Teratai bisa kamu manfaatkan pula sebagai tanaman hias atau mendekorasi halaman rumah. Nah, untuk pilihanya sebaiknya gunakan bunga terata berawan mencolok misalnya putih, merah ataupun kombinasi keduanya agar kian memberikan keindahan di sekitarnya.

Sekian dulu informasi diatas, lain kali jika ada kesempatan tentu akan disambung lagi. Ingat! Jangan lupa berkunjung kembali dan dapatkan info – info terbaru seputar jenis – jenis bunga di Indonesia maupun di dunia. Terima kasih.

Leave a Reply