Tidak Hanya Indah dan Harum, Bunga Sedap Malam Juga Memiliki Manfaat Lainnya

Bunga Sedap Malam punya nama latin Polianthes tuberosa atau pada bahasa melayu orang – orang menyebutnya dengan ‘sundal malam’ artinya tumbuhan hijau yang abadi dari suku agavaceae. Sampai sekarang, bunga tersebut telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan lebih dari 12 spesies tersebar dai berbagai daerah.

Salah satu keunikan dari bunga yang satu ini tak disangka mirip dengan jenis bunga wijaya kusuma dimana mampu mekar saat malam hari. Zaman dahulu, awal mula diperkirakan penemuanya oleh bangsa astek dan sebelumnya dikenal sebagai bunga tulang (omixochitl).

Kemudian berlanjutlah penyebaran sampai ke daerah meksiko. Tapi tahukah kamu jika bunga sedap malam telah mendunia? Ya, benar sekali beberapa negara bagian asie telah lama mengenal bunga ini. Di Singapura mendapat julukan bunga xinxiao lalu di India Timur dijuluki ratkirani sedangkan di negara Persia justru namanya mirip seperti nama manusia yaitu bunga maryam.

Tak sampai disitu, bahkan diwaktu zaman victoria dulu, bunga tersebut sering dijadikan sebagai bunga kuburan. Bahkan di Indonesia sendiri juga sering mempergunakannya untuk menjaga wewangian alami pada area pemakaman.

Akan tetapi, seiring berjalanya waktu, kini Indonesia mampu menetapkan bunga sedap malam untuk identitas flora di Wilayah Jawa Timur. Dengan begitu, besar harapan masyarakat untuk menjadikan ikon tersebut sebagai lambang utama sekaligus ikut melestarikan keberadaan bunga tersebut di negri tanah air.

Klasifikasi Bunga Sedap Malam

banyak sekali klasifikasi dari bunga sedap malam

alamendah.org

Berdasar klasifikasinya bunga sedap malam tergolong dalam kerajaan plantae dengan divisi magnoliophyta. Sedangkan kelasnya berada di liliopsida yang masuk ke ordo asparagales. Jenis genusnya tercatat pada polianthes sedangkan spesiesnya ikut pada jenis P. tuberosa.

Ciri Bunga Sedap Malam

Menurut ciri – cirinya, bunga yang satu ini tergolong tanaman berumbi dengan ketinggan dapat mencapai 0,5-1,5 meter. Beberapa daunya berbentuk tegak di sepanjang batang dimana hampir setiap daun bewarna hijau muda . Pada bunganya sendiri memiliki sifat majemuk artinya tidak terbatas di setiap rangkaianya.

Begitu pula tak nampak bercabang di daerah perbungaan serta modelnya terlihat duduk tegap bahkan umumnya berpasang – pasangan pada ketiak daun (berupa bulat telur). Sedangkan tabung bunganya bercirikan bagian ujung melebar dengan pajang sekitar 2-5 cm. Secara umu, tanaman sedap malam mampu tumbuh di daerah tropis maupun subtropis.

Tepatnya di dataran rendah sampai ketinggian 1400m dpl. Mirip seperti rerumputan, ternyata tanaman ini bisa tumbuh hingga 45 cm disertai rumpun bunga putih di sekitarnya. Karena pergerakan batangnya tidak terlalu melebar, kamu tentu saja masih bisa membudidayaknya di tempat sempit sekali pun.

Manfaat Bunga Sedap Malam

banyak sekali manfaat dari bunga sedap malam

www.hariandepok.com

Diambil dari beberapa sumber terpercaya, dibalik semerbak harumnya bunga sedap malam terselip begitu banyak manfaat. Orang – orang meyakini jika baunya yang harum dapat membangunkan orang pingsan. Di samping itu, kegunaanya lebih sacral ketika dipakai saat upacara – upacara ritual tertentu (nyadran, kirim leluhur dan sebagainya).

Sedangkan di negri china ada pula yang dimanfaatkan sebagai campuran sop kimlo. Namun setelah diselidiki, ternyata itu bukanlah bunga sedap malam asal Indonesia melainakn asli dari negri mereka sendiri.,

Sekian dulu perkenalan singkat Bunga Sedap Malam yang dapat kamu peroleh disini. Setidaknya informasi diatas juga ikut memberikan wawasan agar lebih mengenal seluk beluk sebuah tanaman. Jika bermanfaat, sebarluaskan artikel ini dan jangan lupa untuk berkunjung kembali. Terima kasih, sekian.

Leave a Reply