bunga melati harumnya semerbak ke segala penjuru

Ciri-Ciri Bunga Melati dan Cara Membudidayakannya

Bunga Melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tersebar mulai dari daerah Hindustan, Indochina, Malaysia, hingga ke Indonesia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu diantara tiga bunga nasional Indonesia.

Melati (Jasminum sambac) merupakan tanaman perdu, berbatang tegak merayap, hidup menahun. Melati tumbuh baik di iklim panas tropik, kondisi tanah ringan, porus, berpasir sampai agak liat. Bunga melati berukuran kecil, umumnya berwarna putih, petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Daun bentuk membulat.

Ada sekitar 200 jenis melati yang sudah teridentifikasi, tetapi hanya 8-9 jenis yang umum dibudidayakan. Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan kepada bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), dan Mundu (Bima, Sumbawa).

Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih suci. Melati memiliki aroma yang lembut menenangkan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari semua kelebihan melati itu, tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia. (Baca juga Bunga Anggrek.)

Ciri – Ciri Bunga Melati

ciri-ciri bunga melati mudah sekali dikenali
spotbungacantik.blogspot.com

Berawal dari batangnya masih digolongkan sebagai semak karena batang yang berkayu dan tingginya tak lebih dari 5 meter. Di bagian daunya, melati termasuk jenis majemuk menirip, artinya bahwa anak daunya terbagi dalam dua sisi yaitu kanan dan kiri ibu tangkai (mirip seperti sirip ikan).

Umumnya daun tersebut hanya memiliki satu tangkai maupun satu helai saja, berbentuk setengah lingkaran serta bagian ujung sedikit meruncing. Permuakaan daunya juga tampak mengerut layaknya daun jambu biji dimana mengikuti banguan daun sehingga terkesan agak melengkung.

Beralih ke bagian paling penting yaitu bunganya, seperti yang kamu lihat walau berukuran kecil tapi susunannya begitu indah. Berhadap – hadapan satu sama lain, bagian tersebut seolah menjadi tak terpisahkan. Apalagi adanya daun pelindung pada ujung anak bunga akan selalu mempertahankan keelokan bunga melati.

Komponen – kompenen di dalam Bunga Melati pastinya kamu sudah mengetahuinya bukan? terdiri dari kepala sari, tangkai, kotak sari, dan sebuk sari serta alat kelamin betina di area kepala putik. Namun alat itu tidak mampu produktif, oleh karenanya tak bisa menghasilkan buah.

Budidaya Bunga Melati

budidaya bunga melati cukup menguntungkan
id.wikipedia.org

Menurut sumber, jika kamu ingin membudidayakan bunga melati sebaiknya pilihlan tempat beriklim tropik, berdrainase baik dan kelembapan yang mencukupi. Untuk pertama kalinya, kamu boleh menanamnya lewat pengambilan stek batang (keras) dengan minimal 5-6 ruas.

Kemudian tanamlah bibit tersebut ke dalam pot berkantong plastik atau biasa disebut polibag. Baru setelah beberapa minggu, kamu dapat memindahkanya ke tempat (pot) yang lebih besar. Sedangkan pemeliharaan tanamanya sendiri, hampir mirip seperti perawatan secara umum.

Yakni melalui penjarangan dan penyulaman terlebih dahulu, lalu penyiangan, kemudian pemupukan, selanjutnya pengairan dan penyiraman, penyemprotan pestisida bila kamu menemui gangguan hama atau infeksi pada tanaman Bunga Melati serta yang terakhir pemangkasan demi tujuan agar pertumbuhan maupun perkembanganya sesuai dengan harapanmu.

Tentu saja, apabila persyaratan diatas terpenuhi, maka besar kemungkinan kamu dapat memanenya diwaktu yang tepat. Demikianlah deskripsi singkat mengenai Bunga Melati sampai cara membudidayakanya, semoga berguna. Terima kasih.

Leave a Comment