Indahnya Bunga Matahari yang Memiliki Berjuta Manfaat Bagi Kesehatan

Bunga matahari, siapa yang tidak tahu dengan yang namanya bunga matahari? Bunga yang mempunyai nama latin Helianthus annus L ini merupakan tumbuhan satu musim yang saku suku dengan kenikir – kenikiran atau dalam nama latin Asteraceae dan lebih dikenal sebagai tanaman hias dan juga penghasil minyak. Bunga dari tanaman tersebut juga sangat khas yaitu berwarna kuning terang, besar karena diameter dari bunga ini dapat mencapai 30 cm.

Selain itu bunga ini juga tersusun dari ribuan bunga – bunga kecil pada satu bongkol atau satu bunga besar. Bunga matahari memang memiliki perilaku yang unik yaitu helioyropisme atau bunganya selalu menghadap kearah matahari. Namun karena perilaku itulah yang dapat mengurangi produksi minyak dan memakan banyak energi sehingga harus disingkirkan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bunga matahari, kamu bisa membaca penjelasan dibawah ini.

Karakteristik Bunga Matahari

ini adalah karakteristik bunga matahari

deloiz.blogspot.com

Tentunya bunga matahari punya ciri – ciri khas yang berbeda terhadap bunga – bunga lainya. Tumbuhan terna ini asli berasal dari Amerika Tropik bagian utara yang umumnya memiliki tinggi 3-5 cm tergantung varietasnya. Daunya berbentuk tunggal, batangnya ditumbuhi rambut kasar dan jarang sekali ditemukan adanya percabangan pada batangnya. Pada bunganya sendiri tersusun secara majemuk. Sedangkan tipenya ada 2 yakni bunga tepi dan bunga tabung.

Di bagian bunga tepi (bunga lidah) dapat membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah sedangkan pda bagian bunga tabung yang fertil mampu menghasilkan biji. Di hari cerah, biasanya bunga anggrek akan mengikuti pertumbuhan ke arah matahari dan dari sinilah nama tersebut berasal. Dengan adanya kecukupan sinar matahari, sudah pasti fotosintesinya berlangsung efektif sampai mendapat keuntungan 10% lebih banyak.

Buahnya mempunyai tipe buah kurung (achene) dalam artian bahwa dilihat dari luarnya nampak kering namun berdinding keras dan tak terlalu tebal.  Maka tak heran bila masyarakat di sekitar mengir kalo itu adalah “biji” bunga matahari karena memang agak sulit membedakannya dengan biji aslinya. Bila kamu ingin tahu biji sesungguhnya, cobalah sesekali melihatnya di bagian yang terlindungan oleh buahnya (mirip tempurung).

Habitat Bunga Matahari

ini merupakan habitat bunga matahari

www.trending-topik.com

Habitat asli bunga matahari sebenarnya sangat menyukai area tanah yang subur serta hangat. Jadi tumbuhan ini cocok sekali ditanam di daerah subtropik. Berdasar sumber bila kamu menanamnya di dataran tinggi maka hasilnya pun akan jauh berbeda bahkan pertumbuhanya tidak mampu sesempurna saat ditanam di tempat subtropik.

Disisi lain, seperti daerah beriklik sedang misalnya Eropa, hanya mampu ditanamam saat musim semi hingga musim gugur saja. Itupun harus terhindari dari frost. Tapi bagi para pembudidaya bunga matahari masih dapat tumbuh di beberapa iklim tertentu selain subtropik asalkan bisa merawat dan menjaga pertumbuhanya.

Manfaat Bunga Matahari

ini adalah manfaat bunga matahari

duaputratekmindo.com

Untuk manfaatnya sendiri, pasti kamu sudah tahu bukan? Selain dapat digunakan sebagai dekorasi rumah atau tanaman hias, biji bunga matahari ternyata telah lama digunakan untuk sumber minyak, bahan pangan maupun perindustrian. Pertama, bahan pangan, minyak bunga matahri umumnya sudah banyak dipakai untuk goreng – menggoreng, mengentalkan serta campuran untuk salad.

Kedua, minyaknya yang bisa dikonsumsi untuk masyarakat umum juga kaya akan asam linolea (asam lemak tak jenuh) sehingga menunjang bagi kesehatan tubuh. Ketiga, dalam kepentingan perindustrian kandungan minyak dengan kadar asam oleat tinggi dapat menghasilkan kualitas minyak terbaik dan bisa dimanfaatkan dalam berbagai olahan

Demikianlah penjelasan singkat seputar Bunga Matahari, karakteristiknya sampai manfaatnya secara umum. Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kamu terkait berbagai jenis bunga. Jangan lupa, sebarluaskan bila artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Add Comment