Mengenal Manfaat Bunga Lily yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bunga Lily merupakan jenis bunga yang tumbuh subur saat musim panas. Di zaman yunani kuno, nama llily ternyata diambil dari masa tersebut dengan nama Lerion. Awal pertumbuhanya terjazdi di kawasan mediterania dan Asia Barat dan hampir seluruh rumah dihiasai dengan keberadaanya.

Karena terlihat begitu cantik sebagai tanaman hias, maka bunga lily kemudian dikembangkan di daerah pertanian hingga penyebaranya telah sampai ke wilayah Eropa, Asia bahkan sampai ke area selatan Kanada. Menurut sumber, bunga yang satu ini sebenarnya punyai lebih dari 100 jenis Warna lembut serta bau harumnya seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Tak sampai disitu, bunga lily juga tergolong tanaman tumbuh dari umbi dan oleh sebab itu tak jarang sebagian orang memanennya hanya untuk diambil umbinya. Beberap varietasnya sangat mudah tumbuh meskipun tidak berada di musim panas. Jadi bisa dikatakan kalo bunga ini memang bisa tumbuh di daerah tertentu asal cukup mendapatkan udara dingin yang sejuk.

Di sisi lain, penyesuaian pertumbuhan bunga lily terhadap lingkungan sepertinya tidak membutuhkan waktu lama. Namun pada habitanya, tanaman ini lebih cocok tinggal di daerah tanah dengan kadar keasaman tanah seimbang. Walaupun di sekitarnya hanya ada sedikit air, nampaknya bunga lily masih mampu toleran menjaga kesuburanya.

Meski begitu, jika kamu sedang atau ingin menanam bunga tersebut alangkah lebih baiknya selalau menyiraminya minimal 2 kali sehari demi menjaga pertumbuhan maupun perkembangan tanaman supaya memunculkan bunga yang cantik dan indah.

Morfologi Bunga Lily

morfologi bunga lily tentu saja berbeda dari bunga lainnya

tanaman–herbal.blogspot.co.id

Bunga lily termasuk dalam golongan divisi magnoliphyta dengan kelas liliopsida dan bergenus liliun. Bentuknya sendiri terdiri dari 3 jenis yang masing – masingnya punya ciri khas tertentu. Pertama, Bowl Shaped dimana ukuran bunganya sangat besar dan kelopaknya melebar keluar. Kedua, Trumpet Shaped yakni kelopak bunganya berbentuk seperti tabung, melengkung ke ujungnya (seperti terompet). Ketiga, Turk`s Cap-Shaped memiliki bentuk paling unik dengan kelopak bunga menggulung keluar sehingga nampak melenkung sekali.

Spesies Bunga Lily

perlu kalian tahu tentang spesies bunga lily

topikpedia.blogspot.com

 

Secara garis besar, spesies bunga lily terdiiri dari 4 jenis meliputi Lilium regale yang bercirikan bentuk bungan seperti terompet dengan pangkal bewarna kuning dan memiliki wangi begitu semerbak. Kemudian ada Lilium henryi adalah jneis spesies asal china dimana bentuk sangat tegap, berbunga banyak dan ciri khas warnanya orange. Kemudian Lilium Candidum merupakan jenis Bunga Lily asal timur tengah, memiliki ciri umum baunya yang harum. Terakhir, Lilium lancifolium dengan bentuk bunga Turk`s Cap berbintik gelap dan bunganya bewarna orange.

Manfaat Bunga Lily

manfaat bunga lily cukup keren

christianisianturi.blogspot.com

Diantara manfaat bunga lily yaitu ekstraknya mampu berperan dalam menjaga kesehatan kulit dari permasalahan ringan seperti kulit kering, iritasi maupun sensitive terhadap sesuatu. Adanya kandungan polisakarida dalam bunga tersebut, ikut pula meningkatkan viskositas dan kelembapan air pada kulit.

Menurut Prof Hembing Wijaya Kusuma dalam bukunya “Ensiklopedia Tumbuhan Berkhasiat Obat 1” sifat kimiawi yang ada pada bunga lily bisa dimanfaatkan sebagai obat penenang (sedatif) dan batuk (antitusif). Bahkan lebih dari itu, saponin yang umumnya terdapat pada umbinya berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kanker hingga mengatur kadar kolesterol pada tubuh. Adapun manfaat lainya antara lain berguna mengatasi bisul amandel, jerawat, sakit lambung, radan saluran pernafasan dan asma.

Itulah deskripsi singkat Bunga Lily dan semoga menambah wawasanmu sehingga dapat mengenal lebih jauh terhadap tanaman tersebut. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Add Comment