Ciri-ciri dan Manfaat Bunga Kamboja Beserta Cara Menanamnya

Bunga Kamboja adalah jenis tanaman hias yang asal muasalnya dari dataran Afrika dan Amerika. Maka tak heran jika kamboja memang agak jarang di temukan di dataran Indonesia. Kalo kamu ingin tahu lebih banyak, bunga kamboja sebenarnya memiliki 50 lebih jenis bunganya.

Dimana hal itu telah teridentifikasi baik berdasar habitat, sifat, kandungan kimia serta karakter spesifiknya. Menurut sumber, habitat jenis tanaman yang satu ini tumbuh liar di daerarh gurun panas bahkan mampu hidup lama tanpa ketergantungan air hujan sekalipun.

Jadi tidak heran bila usianya bisa mencapai puluhan sampai ratusan tahun lamanya. Karena itulah, bunga kamboja disebut tumbuhan yang memiliki usia paling tua dikarenakan dapat menyimpan air lebih banyak di setiap bagian tubuhnya (akar, daun, batang, bungan dan buah). Baiklah, daripada kelamaan, silahkan simak ulasan mendetail dibawah ini terkait deskripsi menyeluruh tanaman kamboja.

Ciri – Ciri Bunga Kamboja

ciri-ciri bunga kamboja terlihat begitu jelas

caratono.blogspot.com

Ciri paling mendasar pada bunga kamboja sudah terasa jelas dari aroma buanya yan khas disertai warna putih dan merah keunguan di bagian mahkotanya. Bahkan sebagian masyarakat masih mempercayai bila baunya tersebut memiliki kekuatan ghaib misterius.

Terlepas dari itu semua, ciri khusus bunga kamboja yakni mempunai batang utama yang begitu keras lalu tingginya mampu mencapai batas makismal 6 meter. Maka dari itu, jarang sekali dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di bagian cabangnya sendiri, termasuk golongan kayu lunak yang bergetah dan terkadang gampang lapuk.

Sedangkan untuk ciri utama pada bunga nampak bewarna kehijauan, berbentuk lonjong, nampak menonjol serta bagian ujungnya meruncing. Seringkali bunga kamboj gampang rontok namun akan cepat berbunga kembali saat musimnya dimana tanaman yang satu ini memang dapat berbunga setiap tahunya.

Teknik Menanam Bunga Kamboja

perlu kamu tau bahwa teknik dan cara menanam bunga kamboja sangat mudah

www.forummuslim.org

Selain dijuluki tanaman unik dan khas, tanaman kamboja malah mudah tumbuh di berbagai kondisi. Hal tersebut terjadi karena tidak terlalu bergantung pada ketersediaan air. Jadi bagi kamu yang ingin membudidayakannya sangatlah mudah.

Cukup menanam bibitnya di pekarangan rumah lalu pangkas daun secara teratur dan bersihkan tanaman – tanaman pengganggu di sekitarnya. Disamping itu, kamu juga dianjurkan menanam Bunga Kamboja di bawah matahari secara langsung agar bunganya mampu tumbuh optimal.

Biasanya, hama yang seringkali ditemui yakni sejenis serangga atau tungau (warna merah, hitam, coklat dan hijau tua). Serangga ini umumnya bersarang di bawah ketika daun sehingga tiap daunya akan mengkerut bahkan bewarna kusam. Pangkaslah segera bila kamu menemukanya agat tidak merambat ke daun – daun di dekatnya.

Manfaat Bunga Kamboja

bunga kamboja memiliki manfaat dan ciri yang khusus

alamendah.org

Di daerah Indonesia, sebagian masyarakat masih belum optimal dalam memanfaatkan tanaman kamboja. Karena mereka hanya mengenal bahwa bunga kamboja layaknya tanaman hias di pekuburan. Mungkin itulah yang menyebabkan perhatian orang – orang begitu kurang terhadap bunga kamboja.

Padahal di daerah sebrang, tepatnya Bali telah lama menggunakan bunga kamboja sebagai pelengkap ritual sekaligus diyakini dapat memberikan kesejukan jiwa. Seperti di negara – negara maju, ekstrak Bunga Kamboja juga sudah dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit – penyakit ringan misalnya diare, penurun demam, memperlancar kencing, mengobati sembelit sampai menjaga stamina tubuh seseorang.

Disisi lain, perananya amat penting sebagai sumber antioksidan dalam mencegah radikal – radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh karena terdapat senyawa jenis flavonoid maupun antosianin.

Begitulah deskripsi singkat, ciri – ciri dan pemanfaatan Bunga Kamboja bagi kesehatan. Kamu juga boleh memanfaatkanya untuk menghiasi halaman sekitar rumah karena motif – motif bunganya nampak elok nan indah. Terlepas dari anggapan masyarakat jika bunga tersebut mengandung unsur ghaib, bunga kamboja tetaplah menjadi salah satu bunga primadona dengan unsur warna alaminya. Sekian dan terima kasih.

Add Comment

Kuliner
Banyak quote-quote unik di Puncak Becici
Dilarang Melempar Mantan di Puncak Becici!
lawang sewu yang dianggap angker
Serunya Wisata Tiga Budaya di Semarang Bersama Keluarga
Patung Maung di Tangkuban Parahu
Semacam Jalan-Jalan ke Tangkuban Parahu Bareng Genk Paracetamol Plus Adu Kamera OPPO vs Xiaomi
Kesehatan Parenting Relationship
Foto pengantin bersama para tamu spesial
Selamat Menempuh Hidup Baru
banyak hal yang dilakukan jomblo di malam minggu, kalian harus tau
Kegiatan Jomblo di Malam Minggu Selain Bermain Game, Kamu yang Mana?
Untukmu yang Sedang Galau Menanti Jodoh