Bunga Anggrek, Tanaman Hias yang Paling Banyak Ditanam

Bunga Anggrek atau biasa disebut dengan nama latin Orchidaceaee adalah salah satu suku tumbuhan berbunga yang punya lebih lebih dari satu jenis. Bahkan diantara jenisnya tidak hanya tersebar di wilayah tropika basah tetapi juga di lokasi – lokasi sirkumpolar. Kebanyakan memang spesies bunga yang satu ini mampu hidup sebagai epifit. Maka tidak heran bila hampir setiap organya terdiri dari daging (sukulen) tidak tipis sehingga membuatnya tahan terhadap ketersediaan air di tempat tertentu.

Pada dasarnya, bila kamu ingin tahu secara rinci bahwa bunga jenis epifit tersebut dapat hidup melalui mekanisme kecukupan nutrisi lewat udara maupun embun. Jadi jangan salah meski tak selalu disiram setiap hari, bunga anggrek akan tetap subur dan beresiko kecil mengalami kematian atau layu.

Ciri – Ciri Bunga Anggrek

bunga anggrek disukai oleh semua orang

www.fotolepas.com

Seperti pada umumnya, setiap jenis bunga memiliki ciri khas termasuk juga bunga anggrek. Di bagian suku organya mempunyai sukulen (berdaging), tidak tipis dan kandungan air yang tinggi. Sedangkan untuk akar serabutnya tidaklah dalam sehingga bunga ini lebih cocok hidup pda daerah ketersediaan air rendah.

Beberapa jenis epifit secara sukarela mengembangkan diri di sejumalh batang pohon tetapi tidak merugikan inangnya. Namun ada juga yang tumbuh geofitis, artinya mampu tumbuh subur di atas tanah. Bentuknya ada pula yang serupa dengan saprofit, artinya tumbuh pada media – media kering (kayu lapuk, daun – daun kering dan sebagaianya).

Batangnya sendiri beruas – ruas. Nah, untuk jenis anggrek yang hidp di atas tanah akan memiliki batang cenderung pendek dan condonya mirip umbi. Pada anggrek jenis epifit justru batangnya mampu berkembang dengan baik bahkan kerap menebal layaknya susunan lilin demi menghindari penguapan berkepanjangan. Kalo kamu ingin tahu bahwa batangnya secara umum bisa memanjang (monopodial) maupun melebar (simpodial) tergantung jenisnya.

Pada daunya nampak oval memanjangn diliputi tulang daun yang memanjang juga. Karena perananya untuk mengikat air maka pda jenis tertentu akan menebal dengan sendirinya.  Tersusun secara majemuk dan simeteri bilateral menjadikanya pembeda dai suku lain. Helaian kelopak bunga anggrek warnanya hampir serupa mahkota bunga tepat. Dalam setiap mahkota pun terdapat satu helai (sejenis lidah) sebagai perlindungan satu susunan aksesori untuk membawa putik dan benang sari.

Nah, untuk karakteristik benang sarinya punya tangkai amat pendek dengan dua kepala sari berupa cakra kecil (pollinia). Dari situlah cakram dapat terbuka ketika ada serangga penyerbuk agar serbuk sarinya terbawa ke mulut putik. Tanpa adanya bantuan serangga tersebut, sudah barang tentu takkan berlangsung penyerbukan.

Bunga Anggrek Berdasar Tipenya

orquideasjardimecuidados.blogspot.com

orquideasjardimecuidados.blogspot.com

  1. Simpodil

Adalah tipe anggrek yang punya lebih dari satu titik tumbuh. Jadi tunasnya dapat bermunculan di sekitar batang utamanya. Menurut sumber, tipe ini lebih mampu menyimpan cadangan makanan atau umbi semu n bisa diperbanyak lewat teknik pembelahan keiki, split dan sejenisnya.

  1. Monopodial

Artiny bahwa tipe monopodila hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya akan berkembang dari ujung  batang serta dapat diperbanyak lewat teknik stek bantang dan biji.

Bunga Anggrek Berdasar Tempat Tumbuh

anggrek-ist.blogspot.com

anggrek-ist.blogspot.com

  1. Saprofit

Saprofit merupakan tumbuhan anggrek yang mampu tumbuh di media kandungan humus, daun – daun kering dan tak butuh terlalu banyak sinar matahari. Jadi, tipe sama sekali tak memiliki klorofil. Misalnya Goodyera Sp.

  1. Litofit

Adalah jenis  anggrek yang bisa tumbuh di tanah berbatu dan dapat bertahan di bawah terik sinar matahri secara penuh. Umumnya, anggre litofit akan mengambil makanan dari humus, udara an ir hujan. Misalnya Pahphiopedilum Sp.

  1. Epifit

Anggrek ini biasa tumbuh di atas pohon yang lain atau dapat dkatakan menopang terhadap tanaman inang. Namun jangan salah bila jenis epifit tidaklah merugikan karena akarnya menyerap makanan dari air hujan, udara dan kabut di sekitarnya. Misalnya Phalaenopsis Sp, Cattleya Sp.

  1. Terestial

Jenis anggrek terestial hanya mampu tumbuh diatas tanah dan perlu sinar matahari yang cukup. jadi jenis ini cocok sekali ditanam di daerah lingkungan rumahmu tapi perlu sedikit perawatan khusus. Contohnya Phaius Sp.

Berlanjut ke manfaat Bunga Anggrek secara umunya adalah sebagai tanaman hias atau dekorasi rumah. Mengingat variasi warna yang indah serta kemudahan dalam perawatan, banyak diantara masyarakat membudidakanya hingga mampu dijual dengan harga tinggi. Itulah ulasan menarik mengenai bunga anggrek yang semoga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan lebih mendalam. Terima kasih atas kunjunganya.

Add Comment