Cara Budidaya Jamur Merang Buat Kamu yang Masih Pemula

Budidaya Jamur Merang bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mendapat keuntungan besar dengan modal kecil. Tahukah bila bisnis pertanian yang satu ini tidaklah sulit asalkan kamu tahu betul teknik dasar penerapanya. Meskipun kamu bukanlah seorang ahli bercocok tanam, asal sudah sedikit mengerti bagaimana sifat jamur merang pada umumnya, pasti kamu akan berhasil membudidayakanya.

Memang ada banyak sekali jenis – jenis jamur, namun jamur merang merupakan salah satu yang paling mudah untuk dipelihara daripada lainya. Disamping itu juga penggunaan media tanamnya cukup sederhana bisa melalui media jerami (damen), kapas maupun media kardus.

Nah, kali ini akan dikupas tuntas bagaimana teknik penanaman jamur tersebut diatas media kardus. Berikut panduan lebih lengkapnya dibawah ini. Simak baik – baik agar kamu memahami setiap langkahnya.

Budidaya Jamur Merang

budidaya jamur merang cukup menguntungkan walaupun kamu pemula

ninggar12.wordpress.com

1. Persiapan Area (Lahan)

Dalam kasusnya, lahan yang cocok untuk jamur merang yaitu menggunakan kumbung. Biasanya kumbung dapat dibuat dari bamboo atau kayu. Idealnya, ukuran kumbung ada yag menyebutkan 6M x 4M dengan tinggi 3,5M. Kemudian, di dalamnya, cukup untuk ketersediaan 2 baris rak sepanjang 5M x 0,8M (bisa 3-5 tingkatan).

Barulah kamu membersihkan lingkungan sekitar kumbung serta menjaga suhu udara tetap antara 28-35 derajat celcius. Boleh memakai lampu atau sejenisnya.

2. Media Tanam

Kamu setidaknya harus menyiapkan beberapa detail komposisi bahanya antara lain kapur 5 kg, kardus 20 kg, dedak halus 5 kg, pupuk NPK ¼ kg, petroganik 1 kg, campuran limbah sayuran 10 karung (secukupnya), bonggol pisang 5 kg, aram sekam 25 kg dan bibit 5 botol. Sesudah itu, masuk ke tahap pembuatan medianya. Awalnya, sobeklah kardus sampai ukuran 5-10 cm kemudian pakai larutan kapur untuk meredam sobeka kardu tersebut (larutkan sampai terendam penuh).

Lalu buat bak kola dari terpal plastic ukuran 4×6 meter. Masukkan pupuk NPK tadi ke area rendaman kardus dan diamkan selama 5 hari. Selanjutnya ambil bonggol pisang yang sudah dipotong – potong beserta limbah sayurannya. Barulah bibit jamur dihancurkan dari botol dan campurkan dengan beras ketan secukupnya.

3. Teknik Penanaman Jamur Merang

teknik penanaman jamur merang cukup mudah

kknmdesacipamekar2012.wordpress.com

Menuju cara Budidaya Jamur Merang ketiga yaknik teknik penanaman. Ini merupakan bagian penting, jadi kamu harus menyimaknya baik – baik. Pertama, taburi media tanamnya (rendaman kardus tadi) dengan sisa kapur lalu tiriska sejenak di atas rak (kumbung). Maka media tersebut akan menjadi gundukan kemudian kamu dapat merapikanya.

Selanjutnya, ambil ½ campuran limbah sayur dan bonggol untuk ditaburkan diatas gundukan tersebut. Tinggal tambahkan lagi taburan sisa dedak nya. Demi mensterilkan tempat, silahkan lakukan parteurisasi, (penguapan panas) hingga ke suhu 60-70 derajat celcius selama 6-8 jam. Pastikan bahwa kumbung telah ditutup rapat dan bila sudah selesai, kamu boleh membuka kumbung untuk segera menurunkan derajat suhunya pada angka 30 derajat celcius.

Sekarang, tanamlah bibit jamur yang berada di media botol untuk dibenamkan ke dalam gundukan media. Sebagian sisanya, sebaiknya ditaburkan merata ke area permukaan media. Ingat setelah itu, kamu juga harus menaburi diatasnya lagi dengan arang sekam (sudah tercampur air dan pupuk organik biogan). Terakhir, tutuplah media tanamnya memakai plastic transparan dan jangan sampai terlalu rapat.

4. Pemeliharaan Tanaman

Sesudah teknik penanaman selesai, kamu tidak boleh melupakan prosedur pemeliharaan secara tepat. Diantara hal – hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ini yaitu:

  • menjaga suhu ruangan kumbung antara 28-35 derajat celcius
  • membuka plastik setiap hari selama 10 menit demi menjaga sirkulasi udara (baiknya di pagi hari)
  • diusahakan agar sinar matahari dapat langsung menerobos masuk ke area kumbung antara jam 7-10 pagi
  • memasuki hari kelima, sebaiknya jam 00.00 malam bukalah plastic maupun jendela kumbung kemudian menyemprotkan 10 liter cucian beras (sudah dicampur 10 tutup biogan).

5. Pemanenan

panen pada budidaya jamur merang memang paling ditunggu

budijamurmerang.blogspot.com

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan sesuai prosedur, maka tidak menutup kemungkinan panen bisa berlangsung setelah memasuki 10-14 hari sejak awal penanaman jamur. Jadi, kamu bisa memanen jamur merang diwaktu itu hingga 1 bukan kedepan. Cara panennya adalah mengambil jamur sebelum kuncup mekar supaya tidak gampang pecah serta harga jualanya lebih maha dibanding yang sudah mekar.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar Budidaya Jamur Merang. Semoga dapat memberikan gambaran agar kamu tidak bingung ketika ingin menanam jamur merang secara mandiri. Sekian.

Add Comment