Berjuta Manfaat Brokoli yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Mengkonsumsinya

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang mengira bahwa brokoli dan kembang kol itu sama. Serupa memang, namun tak sama. Ada beberapa kandungan gizi yang ada di brokoli namun tak ditemukan di kembang kol.

Cara mengkonsumsi brokoli yaitu dimasak dengan cara ditumis. Tapi jika ingin mendapatkan khasiat brokoli yang lebih, cukup dikukus kemudian dijadikan lalapan. Sekarang ini banyak yang memanfaatkan brokoli untuk diambil khasiatnya secara maksimal yaitu dengan cara dijadikan jus.

Membantu Program Diet

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat. Dapat dipastikan bahwa brokoli sangat mendukung program diet kaum hawa. Dengan mengkonsumsi brokoli akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Sayuran berwarna hijau ini rendah kalori dan lemak.

Mencegah Penyakit Jantung

Di zaman modern ini, penyakit jantung dapat menyerang siapa saja. Tak mengenal usia, tak mengenal jenis kelamin. Namun, setiap penyakit itu ada obatnya. Dan sangat mungkin untuk dicegah. Salah satu pencegahan terhadap penyakit jantung yaitu dengan mengkonsumsi brokoli. Terutama brokoli hasil penyilangan oleh peneliti dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris.

Menjaga Ketajaman Penglihatan

Brokoli juga dapat menjaga ketajaman mata. Ini karena brokoli mengandung lutein dan vitamin A. Menurut sebuah penelitian, kadar lutein yang tinggi di brokoli dapat mencegah penurunan fungsi mata. Bahkan katarak dan makula pun dapat dicegah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang, terlebih para wanita mendambakan kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahan apapun. Adanya senyawa glucoraphanin dalam brokoli, dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan ultra violet dari sinar matahari atau proses penuaan. Dapat pula membuat kulit yang sehat dan bercahaya serta membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli sangat tinggi. Sehingga mampu menjaga fungsi pencernaan dengan baik, mencegah penyakit seperti konstipasi atau sembelit. Brokoli juga merupakan detoks alami untuk membersihkan saluran pencernaan karena adanya kandungan antioksidan.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam kandungan brokoli terdapat kalsium yang cukup tinggi. Kita tahu, kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Untuk itu, mengkonsumsi brokoli sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi brokoli juga dapat mencegah osteoporosis, karena adanya vitamin K.

Mencegah Depresi

Seseorang yang suasana hatinya tidak stabil biasanya karena kekurangan asam folat di dalam tubuhnya. Mudah mengalami depresi, daya ingat yang buruk, kelelahan, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. Untuk mengatasinya, perbanyaklah mengkonsumsi brokoli. Karena dalam kandungan brokoli terdapat asam folat dan vitamin B cukup tinggi.

Mencegah Kanker

Adanya kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate, diyakini oleh para ilmuan brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, usus besar, kandung kemih, dan kanker ovarium.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kita tahu, brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dapat melawan bakteri , infeksi, dan virus, brokoli juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh karena adanya kandungan fitonutrien dan fitokimia.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Pusat

Brokoli memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Itu semua sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf pusat.

Meningkatkan kecerdasan

Brokoli sangat bagus dikonsumsi anak-anak. Karena brokoli mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk membangun kesehatan mental serta meningkatkan memori otak.

Menjaga Kadar Gula Darah

Brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah. Sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh kamu yang berkadar gula tinggi.

Menurunkan Kolesterol

Seperti sayuran pada umumnya, brokoli juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Di poin-poin sebelumnya disinggung bahwa brokoli mampu menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. Oleh karenanya, mengkonsumsi brokoli dapat mencegah penyakit alzheimer (pikun).

Mengobati Penyakit Asma

Untuk kamu yang memiliki penyakit asma, cobalah untuk mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari. Karena brokoli memiliki sifat anti-karsinogenik.

Anti-Inflamasi

Adanya kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat, brokoli memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-alergi.

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Bayi

Ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi brokoli. Karena dengan mengkonsumsi brokoli dapat mencegah anemia yang seringkali mengintai ibu hamil. Juga bagus untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan dengan adanya asam lemak omega 3.

Leave a Comment