Benarkah Makan Nasi yang Didinginkan Membantu Proses Diet Lebih Cepat?

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan cara menanak nasi rendah kalori, yaitu dengan direbus minyak kelapa kemudian selama 12 jam sebelum dimakan.

Menurut para peneliti Sri Lanka, cara ini dapat mengurangi kalori hingga 60%. Mereka berkata perkumpulan ahli kimia Amerika dengan metode ini membuat kanji dalam nasi dicerna lebih sedikit sehingga tubuh memperoleh asupan yang kurang dari porsi seharusnya.

Ahli nutrisi di UK memperingatkan bahwa tidak ada cara instan untuk mengurangi berat badan.

Karbo dalam Keadaan Dingin

Makanan berkanji sepeti nasi dikenal sebagai karbohidrat yang baik sebagai sumber energi. Ketika kita mengkonsumsinya, tubuh kita memecah karbo ini menjadi struktur gula yang lebih sederhana. Jika berlebih, makan gula akan disimpan oleh tubuh dan segera diubah menjadi glukosa sesuai kebutuhan. Namun jika terlalu banyak glukosa yang beredar dalam darah, maka ia akan menjadi lemak.

Para ahli telah menguji apakah mereka bisa mengubah makanan untuk mensiasati rendahnya absorpsi agar gula darah dan konsumsi kalori tetap rendah.

Para peneliti UK telah menunjukkan bahwa memasak pasta kemudian mendinginkannya akan menghasilkan struktur gula yang lebih rendah dibandingkan jika menghangatkan pasta yang sudah dingin. Hal ini juga berlaku pada nasi seperti yang dikemukakan oleh para investigator Sri Lanka. Mereka menguji 38 jenis nasi untuk menemukan cara terbaik menaikkan resistant starch.

Resistant starch

Tepung Kanji

ayysa.com

Jenis ini lebih lentur terhadap enzim yang digunakan tubuh untuk memecah karbo dalam usus, dengan kata lain terabsorpsi. Dan berdasarkan para peneliti, cara terbaiknya adalah dengan mendidihkan nasi secara perlahan selama 40 menit dengan ditambah satu sendok teh minyak kelapa, kemudian dinginkan selama 12 jam.

Peneliti Sudhair James berkata: “ Pendinginan ini penting, karena amilosa, bagian kanji yang dapat larut, tersisa dalam biji selama proses gelatinisasi. Mendinginkan selama 12 jam berperan penting untuk membentuk ikatan hydrogen antar molekul amilosa di luar biji nasi yang juga berubah menjadi resistant starch. Dia berkata, menghangatkan nasi juga taka pa, karena tak akan mempengaruhi tingkat resistant starch. Saat ini tim ahli sedang memilih jenis nasi terbaik.

Sarah Coe, seorang ahli nutrisi asal inggris, mengatakan resistant starch memiliki keuntungan bagi kesehatan, seperti memperbaiki percernaan, dan membantu meregulasi tingkat gula darah. Namun masih banyak penelitian yang diperlukan untuk menguji pengaruh potensi kesehatan lainnya dari mengkonsumsi nasi jenis ini.

Memanaskan kembali nasi bisa berbahaya karena beberapa makanan yang teracuni serangga bisa bertahan dalam panas. Jika nasi dibiarkan dalam suhu ruangan, bakteri yang ada bisa berkembang, oleh karenanya nasi harus disajikan dalam keadaan panas atau dingin dan disimpan dalam lemari pendingin.

Miss Coe menekankan meskipun nasi dan makanan berkanji adalah bagian terpenting dalam kesehatan, diet yang seimbang, konsumsi beras di UK pada umumnya tergolong rendah.

“Oleh karena itu, mengurangi kandungan kalori dengan metode memasak tertentu tidak akan menimbulkan perbedaan yang signifikas pada tingkat obesitas di UK.

Juru bicara asosiasi diet asal inggris, priya tew berkata: Hal ini terdengar seperti sebuah potensi yang luas biasa, namun belum ada manusia yang mempelajarinya. Hal ini sangat menyenangkan karena penelitian dilakukan pada metode memasak yang berbeda. Saya akan merekomendasikan masyarakat tetap menanak nasi dengan cara yang biasa hingga ada informasi lebih lanjut.”

Dr. Denise Robertson, seorang ahli nutrisi di University of Surrey mengatakan: “melihat/ merujuk pada hasil tes gula darah para relawan yang sedang berlangsung, akan menjadi vital pada pemahaman potensi kebenaran penelitian ini dan dapat diekstrapolasi ke karbo di western diet.

Add Comment