Begini Cara Ngeprint Dokumen pada Ukuran Kertas F4

Selama ini orang-orang sering menganggap kalau kertas ukuran legal sama dengan kertas ukuran F4. Padahal kedua kertas tersebut memiliki ukuran yang berbeda.

Ukuran Kertas F4

Kertas memiliki ukuran standar internasional yang biasa disebut dengan ISO. Ukuran kertas dengan standar ISO misalnya A4, B5, C4. Sedangkan di Amerika, mereka memiliki satndar ukuran sendiri seperti letter, legal, ledger dan sebagainya. Sehingga jelas ukuran kertas antara standar ISO dan standar lokal Amerika berbeda.

Sebenarnya ukuran kertas menurut standar ISO hanya A, B, dan C. Namun karena adanya permintaan pasar, sehingga muncul ukuran F dan R.Ukuran yang digunakan biasanya milimeter dan centimeter.

Yang biasa terjadi di sekitar kita, kebanyakan orang menganggap ukuran kertas A4 sama dengan letter dan ukuran kertas F4 sama dengan legal. Padahal itu semua berbeda karena memakai standar yang berbeda. Nah, agar kamu tidak salah lagi ketika akan ngeprint, kamu harus perhatikan ukuran-ukuran kertas berikut ini.

Sebenarnya masih ada ukuran kertas lainnya. Hanya saja itu tidak akan dibahas di sini.

Cara Ngeprint Dokumen dengan Ukuran Kertas F4

cnet.com
cnet.com

Sebenarnya cara ngeprint dengan kertas ukuran F4 sama saja dengan ngeprint dokumen dengan ukuran kertas A4. Tinggal dipilih di bagian document size pada setting printernya. Namun pada beberapa printer tidak mencantumkan ukuran kertas F4. Sehingga akan memilih ukuran legal yang jelas-jelas ukurannya lebih panjang. Nah agar kamu tidak mengulangi kesalahan, maka buatlah ukuran F4 sebagai default. Caranya sebagai berikut.

  1. Klik tombol Windows, pilih dan klik Devices and Printer (untuk Win 7) atau ketikan saja Devices and Printer di tampilan awal Win 8.
  2. Klik kanan dan pilih Printer Preferences pada printer kamu yang sebelumnya telah terinstall di komputer. Misal ini menggunakan priSetting Printernter merk Epson L100.
  3. Klik Document Size, pilih dan klik User-Defined.
  4. Pada dialog box atau kotak dialog ada dua pilihan ukuran atau unit, mm (milimeter) dan inch. Maka pilihlah dengan cara mengklik mm agar lebih mudah. Gantilah ukuran width (lebar) dan height (tinggi) dengan ukuran kertas F4.
  5. Berikan nama untuk ukuran kertas F4 tersebut, misalkan F4 nih.
  6. Klik Save, Ok dan Ok.

Mulai sekarang kamu tidak akan salah lagi ketika akan ngeprint dokumen dengan ukuran kertas F4. Secara otomatis akan tersinkron dan tersedia, tinggal kamu pilih saja saat akan ngeprint. Kecuali kamu menggunakan printer yang lain. Harus mengulang langkah yang tadi.

Untuk memastikan, silakan kamu cek apakah sudah tersedia ukuran kertas F4 atau belum. Buka Ms. Word atau Ms. Excel atau aplikasi dokumen lainnya. Coba kamu cari paper size pada page setup. Di sana seharusnya sudah tersedia ukuran kertas F4 (paling bawah).

Jika kamu ingin ngeprint di kaos, maka harus dengan printer khusus. Mungkin kamu dapat membelinya di toko printer DTG murah. Cukup sekian tips dari kami tentang cara ngeprint dokumen dengan ukuran kertas F4. Semoga bermanfaat. Jika suka dengan artikel ini, silakan dishare.

Leave a Comment