Arti Kesuksesan Menurut Islam

Apa yang kita inginkan terjadi dalam hidup kita? Mengapa kita menginginkannya? Manusia hidup di muka bumi ini telah dianugerahi Allah SWT dengan hati serta akal pikiran. Penggabungan atas hal tersebut secara alami akan menghasilkan keinginan. Keinginan ini bentuknya beraneka ragam, ada keinginan yang bisa diwujudkan dan ada pula keinginan yang tidak bisa diwujudkan (musykil).

Menjadi pribadi yang dapat memenuhi semua keinginannya adalah impian setiap orang. Ini adalah sifat alamiah manusia yang melekat sepanjang hidupnya. Seperti halnya anak-anak akan menangis jika keinginannya tidak terpenuhi, kita pun tentu akan sedih seandainya keinginan yang kita idam-idamkan tidak tercapai.

Bahkan sebagian orang bisa menjadi sangat marah dan berontak jika keinginannya tidak terpenuhi, katakanlah seperti buruh yang terus berdemo untuk dipenuhi keinginannya agar UMK dinaikkan. Malah dalam titik ekstrim ada orang yang nekad bertindak brutal, bahkan sampai berani membunuh untuk sekedar memenuhi keinginannya.

Arti Sukses

arti sukses menurut para ahli

irwancellulers.blogspot.co.id

Dalam kamus motivasi dan pengembangan diri kontemporer, tidak ada kata yang lebih populer dan menjadi idiom wajib yang harus diketahui, dihapalkan, dipahami, dan disemboyankan, kecuali kata sukses. Sebuah kata yang selalu diidam-idamkan oleh setiap orang, baik tua maupun muda, bujangan atau berkeluarga, pesuruh atau pun bos, manajer atau direktur, pegawai, birokrat, atau politisi. Setiap orang menginginkan dan memimpikan sukses, baik kesuksesan hidup sebagai pengusaha, sukses sebagai ayah, sukses sebagai sahabat, maupun sukses sebagai warga masyarakat dan lain sebagainya.

Setiap orang bermimpi untuk menggapai kesuksesan dalam hidupnya. Kata sukses telah melahirkan berbagai industri yang bernilai triliyunan dan tetap akan berkembang terus sampai akhir zaman. Telah diterbitkan jutaan buku tentang sukses dan bagaimana cara menggapainya. Telah pula diadakan berbagai bentuk seminar dan pelatihan yang akan mengantarkan manusia menuju kesuksesan telah tampil ribuan motivator, trainer, pembicara, dan sejenisnya yang memberikan semangat dan pemahaman tentang sukses.

Telah dikembangkan pula berbagai alat bantu, permainan, teknologi, dan bermacam-macam teknik yang mendorong manusia menuju kesuksesan. Karena sukses adalah kehendak manusia yang tetap eksis, seperti kebutuhannya akan makanan.

Kata sukses mempunyai dimensi yang beragam, sehingga setiap orang akan menilai dari satu atau beberapa sisi yang berlainan. Jika diukur dari berapa banyaknya mobil, rumah, atau kekayaan lain yang dimiliki, maka kesuksesan tersebut semata dilihat dari sisi status sosial sebagaimana juga jabatan dalam pekerjaan (direktur, manajer, atau CEO) atau gelar akademis seperti sarjana, master, atau doktor. Sukses bisa juga dipandang dari dimensi kekuasaan misalnya jabatan camar, gubernur, menteri, dan seterusnya.

Meski dipersepsikan secara berbeda, pada dasarnya sukses merupakan suatu proses yang dinamis. Menurut beberapa ahli, sukses adalah:

  • Bertekad melakukan sesuatu dan berhasil melakukannya.(Edward de Bono, konseptor berpikir lateral)
  • Sukses adalah diri Anda dan apa saja yang Anda lakukan setiap harinya dan setiap malam. Sukses adalah cara melakukan perjalanan, cara menanam, dan cara memelihara. (Denis Waitley, penulis dan motivator)
  • Sukses berarti proses terus menerus menjadi lebih baik secara fisik, intelektual, emosional, sosial, finansial, maupun spiritual, sambil berkontribusi secara positif bagi orang lain. (Anthony Robbins, penulis dan motivator)
  • Sukses adalah tahu siapa diri Anda sebenarnya dan tahu Anda milik siapa. (Zig Ziglar)

Dari beberapa penjabaran di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa pada prinsipnya sukses adalah mengenal potensi diri dan mengoptimalkan potensi tersebut. Setiap orang sesungguhnya memiliki potensi sukses, namun tidak semua orang mampu menggali potensi diri dan mengoptimalkannya. Hanya sekitar 15% saja dari seluruh penduduk di dunia yang dapat dikategorikan sebagai orang sukses dan merekalah yang tampil sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing.

Sukses Menurut Islam

hipwee.com

Kesuksesan adalah kata yang dirindukan hati dan jiwa kita selaku umat manusia. Kata ini adalah simbol yang tertera di kening orang-orang bahagia. Sukses merupakan nama bagi para pembuat kesuksesan dan sesuatu yang bisa kita kuasai melalui berlajar dan latihan. Dia adalag tanda para nabi, para rasul, para da’i, dan orang-orang shalih. Sukses bukanlah setuatu yang berat dan kita paksakan. Sukses merupakan tambang yang berakar dan tertanam di dalam jiwa orang-orang bahagia.

Bagi seorang muslim, sukses atau berhasil (prestasi) memiliki standar yang sudah baku karena setiap muslim terkait erat dengan aqidah yang dianutnya. Melalui aqidah tersebutlah ia menentukan sebuah kesuksesan. Aqidah seorang muslim mengajarkan bahwa segala sesuatu berada dalam kekuasaan dan ilmu Allah SWT.

Oleh sebab itu, ketika mencari hakikat kesuksesan maka secara otomatis ia akan mengambil pengertian sukses dari konsep Allah Yang Maha Tahu. Dan konsep Allah telan diturunkanNya kepada manusia melalui wahyuNya kepada para nabi dan rasul.

“Sebaik-baik kalian (manusia) adalah yang paling beermanfaat untuk manusia lainnya.” (al Hadits)

Puncak kesuksesan adalah khusus bagi mereka yang menyukai pencapaian dan pendakian, juga bagi mereka yang mempersembahkan yang terbaik bagi kehidupan manusia hingga mereka akan selalu dikenang meski mereka telah kembali kepadaNya.

Add Comment