Apa Itu Penyakit Lupus? Yuk Cari Tahu Lebih Dalam!

Banyak orang yang belum mengenal penyakit lupus. Sebenarnya apa itu penyakit lupus? Penyakit ini merupakan penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh hingga menyerang organ atau jaring tubuh sendiri. Jenis penyakit ini dapat menyerang kulit, sendi, sel darah, jantung, dan paru-paru.

Penyakit ini dikenal sebagai penyakit yang sulit dideteksi, hal ini dikarenakan diagnosa pada setiap gejala yang timbul sering kali berbeda-beda. Gejalanya dimulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat dan dapat mengancam hidup Anda. Apa penyakit lupus menular? Penyakit ini bukanlah penyakit yang menular tetapi sangat berbahaya dan mematikan.

Mengenal Apa Itu Penyakit Lupus

diagnosa untuk mengenal apa itu penyakit lupus

obatnanoteknologi.com

Lupus terdiri dapat dibagi menjadi beberapa tipe yaitu lupus eritematosus sistemik dan lupus eritomatosus diskoid. Apa itu penyakit lupus eritomatosus sistemik dan diskoid? Lupus eritomatosus sistemik (SLE) merupakan jenis lupus yang paling umum dan dikenal masyarakat sebagai penyakit lupus. SLE ini menyerang jaringan hingga organ tubuh penderitanya.

Penyakit SLE dapat datang dan kambuh secara tiba-tiba, serta berkembang secara perlahan dan mampu bertahan sangat lama. Gejala awal penyakit lupus dapat ditandai dengan kelelahan yang berkepanjangan, nyeri sendi, bengkak, hingga kaku, terdapat bintil merah pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, pleurisy, hipertensi, hingga gagal ginjal.

Sedangkan lupus eritomatosusd iskoid atau DLE adalah penyakit lupus yang hanya menyerang kulit saja. Meskipun demikian, lupus ini juga dapat menyerang organ tubuh lain. DLE dapat diredakan gejalanya dengan menghindari dari paparan langsung sinar matahari dan dibarengi dengan penggunaan obat-obatan khusus.

Gejala umum yang dapat terjadi pada penderita DLE ini antara lain terjadinya kerontokan pada rambut, mengalami pitak secara permanen, dan ruam merah dan bulat seperti sisik pada kulit. Sering kali ruam tersebut menebal dan menjadi bekas luka. Penyakit ini dapat menurunkan kepercayaan diri Anda karena membuat kulit serta rambut Anda bermasalah.

Penyebab dan Pengobatan Lupus

banyak sekali penyebab penyakit lupus

www.autoimuncare.com

Setelah mengetahui apa itu penyakit lupus, Anda mungkin ingin tahu apa penyebab dan cara pengobatan penyakit ini. Penyebab penyakit lupus ini belum diketahui secara pasti. Ada beberapa ahli yang mengatakan lupus dapat terjadi akibat faktor lingkungan, genetik, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Lingkungan yang terkontaminasi oleh virus dan paparan sinar matahari yang tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit lupus. Genetik atau keturunan juga memiliki andil besar dalam menyebabkan timbulnya lupus. Banyak penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih rentan terkena lupus dibandingkan pria karena hormon estrogen berperan dalam pembentukan penyakit.

Penyakit lupus yang terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu umumnya lebih mudah disembuhkan. Anda hanya tinggal berhenti mengonsumsi obat-obatan yang memicu munculnya penyakit lupus ini. Selain itu, Anda tak perlu melakukan terapi atau pengobatan khusus. Namun pastikan untuk berkonsultasi saat akan berhenti mengonsumsi obat Anda.

Hingga saat ini belum ada obat yang mampu mengobati SLE secara total. Hanya saja gejala dan kerusakan yang ditimbulkan pada penyakit lupus pada organ tubuh dapat dikurangi. Dahulu penyakit ini juga dipandang sebagai penyakit terminal yang dapat mematikan penderitanya. Dalam kurun waktu 10 tahun akan terjadi komplikasi dan dapat menyebabkan kematian.

Namun berkat kemajuan jaman dan teknologi kedokteran, saat ini harapan hidup penderita SLE meningkat. Meskipun tak akan pernah hilang dan tak bisa sembuh. Penderita lupus juga harus mengonsumsi obat secara teratur dan melakukan terapi. Dukungan dan bantuan keluarga dapat membantu penderita untuk dapat menghadapi penyakit lupus ini.

Nah, demikian ulasan mengenai apa itu penyakit lupus serta penyebab dan pengobatannya. Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan diatas, ada baiknya segera ke dokter untuk berkonsultasi mengenai penyakit Anda. Semakin cepat dideteksi semakin cepat pula upaya pengobatannya.

Description: Apa itu penyakit lupus? Penyakit lupus merupakan penyakit inflamasi yang cukup berbahaya. Jenis penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik pria atau wanita.

Add Comment