obesitas pada anak sangat berbahaya

Cara Menghindari Agar Anak Tidak Obesitas

Anak Obesitas – Obesitas adalah salah satu kondisi yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Ternyata bukan orang dewasa saja yang kerap mengalami obesitas tapi juga anak-anak dikarenakan kebiasaan tidak sehat. Anak yang mengalami obesitas akan sangat beresiko mengalami penyakit-penyakit berbahaya misalnya diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Anak-anak yang kerap mengalami masalah obesitas ialah anak yang berusia antara 6 tahun sampai 11 tahun karena di usia ini akan mulai lebih hiperaktif dan sulit dikontrol baik melakukan aktifitas ataupun pola makan. Akan tetapi sebenarnya orang tua dapat mencoba cara menghindari obesitas pada anak sejak mereka kecil. Apa saja tindakan pencegahan tersebut?

Cara Menghindari Agar Anak Tidak Obesitas

www.lighthouse-indonesia.com
www.lighthouse-indonesia.com

Ajak Anak Mencintai Olahraga

Ajarkanlah anak untuk terbiasa olahraga sejak mereka masih dini. Anda dapat memberika nasihat kepadanya bahwa olahraga dapat membuatnya menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan. Olahraga rutin akan membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh untuk mengantrul pertumbuhan dan berat badan.

Kenali Makanan Sehat untuk Anak

Anda dapat mengenalkan beberapa makanan sehat untuk anak dan bila perlu ajaklah untuk melakukan diet sehat. Tapi menu diet orang dewasa dan anak-anak jelas berbeda maka anda harus dapat menentukan mana makanan yang cocok untuk anak anda. Konsultasikanlah ke dokter atau ahli kesehatan mengenai hal ini.

Perhatikan Pola Makan Anak

Obesitas yang dialami oleh anak-anak biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak terkontrol terutama pola makan. Apalagi mereka biasa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan makanan cepat saji.

Jenis makanan ini sangat berbahaya untuk kesehatan anak bila dikonsumsi secara jangka panjang. Biasakan anak untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sejak ia kecil karena ini bermanfaat dalam menyeimbangkan berat tubuhnya.

Latihlah Anak Melakukan Gaya Hidup Seimbang

Anak-anak kebanyakan menyukai kegiatan seperti bermain game, nonton dvd dan lain beberapa aktivitas yang membuatnya malas bergerak. Padahal melakukan kebiasaan tersebut dalam jangka panjang akan berpengaruh kepada peningkatan berat badan. Oleh karena itu arahkan anak anda untuk tidak terlalu sering menghabiskan waktu melakukan hal-hal tersebut.

Ajak Anak Berkumpul Bersama Keluarga

Selalu dorong anak untuk selalu berkumpul dengan anggota keluarga yang lain apalagi saat makan malam. Ketika anak berkumpul bersama keluarga maka ia akan lebih mudah dekat dan menyatu, di sini juga orang tua akan lebin santai dalam memberikan arahan kepada anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan lebih banyak gerakan.

Demikianlah 5 tips atau cara menghindari obesitas pada anak yang harus diketahui orang tua manapun. Melakukan tindakan pencegahan akan lebih baik daripada nantinya anak mengalami masalah obesitas.

Leave a Comment