8 Tips Memutihkan Gigi yang Telah Menguning

Gigi putih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Bagi mereka yang berduit bahkan rela membayar berapapun agar giginya bisa putih dan bersih. Sebenarnya agar memiliki gigi putih dan bersih sangat mudah. Rajin. Ya, syarat agar gigi kita putih dan bersih harus rajin sikat gigi. Sehari dua kali, pagi dan malam sebelum tidur.

Kamu Tahu Apa yang Menyebabkan Gigi Menguning?

Sudah disinggung di atas bahwa salah satu penyebab gigi berwarna kuning yaitu malas menggosok gigi. Setiap hari makanan yang kita makan, apabila gigi tidak dibersihkan akan menyebabkan gigi menguning. Apabila sekarang gigi kamu berwarna kuning, mungkin ada kebiasaan berikut ini yang sering kamu lakukan.

  • Malas menggosok gigi dan bisa juga karena cara menggosok gigi kamu tidak benar.
  • Sering memakai obat tetes mata.
  • Sering minum kopi dan teh herbal.
  • Sering mengonsumsi minuman penambah energi.
  • Merokok.
  • Membuka kemasan dengan gigi.

Dan masih banyak lagi hal yang menyebabkan gigi kamu menguning.

Bagaimana Agar Gigi Bisa Putih Kembali?

Banyak orang yang menyesal ketika giginya menguning. Padahal seharusnya sebelum gigi terlanjur menguning, dirawat dengan sebaik mungkin. Minimal hindari hal-hal yang dapat menyebabkan gigi menguning. Nah, jika kamu giginya sudah terlanjur menguning, maka cobalah beberapa tips berikut ini agar gigi kamu kembali putih dan bersih.

1. Memutihkan Gigi dengan Bersiwak

amazon.com

amazon.com

Orang yang rajin bersiwak akan memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih. Siwak sendiri merupakan dahan atau akar dari pohon Salvadora persica. Selain dapat merawat gigi, bersiwak juga merupakan amalan yang sunnah muakkad, karena merupakan anjuran Rasulullah shalallhu’alaihi wassalam. Bahkan sudah banyak penelitian tentang siwak yang menyatakan bahwa dengan bersiwak gigi akan terawat, bersih dan kuat. Kandungan yang ada di dalam siwak yaitu zat-zat yang sangat bermanfaat seperti fluoride, antiseptik, abrasive, astringent, enzyme inhibitor dan deterjen.

2. Memutihkan Gigi dengan Berhenti Merokok

bitesizeblog.co.uk

Rokok mengandung campuran tembakau dan tar yang membuat gigi kamu berwarna kuning. Jika kamu seorang perokok, coba perhatikan giginya. Walaupun kamu rajin menggosok gigi, namun bagian dalam gigi biasanya berwarna kuning. Bahkan akan berwarna gelap jika kamu seorang perokok berat. Untuk itu, berhentilah merokok. Karena sudah jelas rokok dapat membunuhmu.

3. Memutihkan gigi dengan Mengonsumsi Susu dan Berbagai Produknya

healthystuffu.com

healthystuffu.com

Tahukah kamu, khasiat susu selain untuk memperkuat tulang dan gigi juga dapat memutihkan gigi. Begitu pun dengan beberapa produk yang berbahan susu seperti keju dan yoghurt. Jadi biasakanlah mengonsumsi susu dan berbagai olahan susu lainnya.

4. Memutihkan Gigi dengan Buah dan Sayuran

juicedispenser.wordpress.com

juicedispenser.wordpress.com

Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki berjuta manfaat bagi tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita, ternyata buah dan sayur juga dapat memutihkan gigi. Diantara buah dan sayur yang dapat memutihkan gigi yaitu stroberi, apel, seledri dan wortel. Caranya mudah, cukup dikonsumsi seperti biasa dan hasilnya gigi kamu akan terlihat putih dan sehat.

5. Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

www.1000macammanfaat.com

www.1000macammanfaat.com

Jika kamu makan jeruk, kulitnya jangan dibuang. Karen kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup gosok kulit jeruk yang bagian putih ke gigi yang kuning. Lakukan secara teratur agar gigi kamu kembali putih. Namun cara ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki gigi sensitif. Karena jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan itu tidak cocok dengan gigi yang sensitif.

6. Memutihkan Gigi dengan Biji Buah Pinang

www.indotrading.com

www.indotrading.com

Biji buah pinang diyakini dapat membantu untuk memutihkan, merawat dan memperkuat gigi. Caranya, bakar biji buah pinang hingga hangus kemudian dihaluskan. Gosokan serbuk tadi ke gigi yang berwarna kuning menggunakan sabut pinang atau kain katun. Rutinlah menggunakan serbuk biji buah pinang, 2 minggu sekali. Dan tunggu hasilnya.

7. Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami

kuherbal.com

kuherbal.com

Membuat pasta gigi alami cukup mudah. Bahan yang harus disediakan hanya daun salam dan kulit jeruk. Keduanya dijemur hingga kering, kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan air sambil diaduk hingga berbentuk pasta. Gunakan seperti pasta gigi biasa untuk menggosok gigi. Lihatlah hasilnya beberapa waktu kedepan, gigi kamu akan terlihat putih dan bersih.

8. Memutihkan Gigi dengan Garam dan Lemon

carapedia.com

carapedia.com

Ini sama aja dengan pasta gigi alami. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda, yaitu garam dan lemon. Dua bahan tersebut dibuat menjadi pasta. Kemudian digunakan seperti pasta gigi biasa. Namun perlu diingat, jangan terlalu sering menggunakan pasta gigi alami yang satu ini. Karena garam dapat merusak lapisan gigi.

Add Comment