3 Cara Menghilangkan Telur Kutu Secara Alami

Kutu merupakan makhluk halus penghuni rambut kepala yang menghisap darah dan menyebabkan rasa gatal. Eits, jangan berpikir makhluk halus sebangsa jin atau vampir loh. Maksudnya binatang kecil atau parasit yang sangat mengganggu karena membuat kepala kita terasa gatal. Kulit kepala yang terasa gatal akibat dihuni oleh kutu biasanya yang memiliki rambut tebal, panjang dan kurang dirawat.

Bagaimana agar kulit kepala kita tidak lagi gatal akibat kutu tersebut? Satu-satunya cara yaitu basmi kutunya. Dengan cara ini permasalahan sudah hampir terselesaikan. Namun masalahnya, kutu tersebut bertelur loh. Bahkan si kutu betina mampu bertelur sehari sebanyak enam buah. Bayangkan saja, jika dikepala ada 6 ekor kutu, sehari akan ada 60 buah telur kutu. Jadi ketika kutu sudah kita basmi, maka akan menetas lebih banyak kutu lagi. Untuk itu, mari kita musnahkan telur kutu dengan cara yang alami.

Potong Rambut

Kutu rambut itu bentuknya sangat kecil. Seperti ketombe, namun menempel di rambut sangat kuat. Sehingga tidak mudah untuk dihilangkan dengan cara disisir. Cara yang paling mudah dan aman tanpa efek samping yaitu dengan cara potong rambut. Ya potong rambut hingga tak bersisa alias gundul. Cara ini hanya untuk kamu yang memiliki mental baja loh.

Menggunakan Sisir Serit

vegaaminkusumo.com

vegaaminkusumo.com

Jika kamu hendak menghilangkan telur kutu dengan sisir biasa, disarankan untuk tidak melakukannya, karena hal itu hanya sia-sia. Telur kutu sangat kuat menempel ke rambut, sehingga tidak mudah terlepas ketika disisir. Namun ada jenis sisir yang biasa digunakan untuk mencari kutu yaitu sisir serit atau di daerah sunda dikenal dengan sebutan sisir kerep. Sisir serit memiliki gigi yang sangat rapat. Sehingga dapat dijadikan alternatif, selain untuk mencari kutu, juga bisa ‘menangkap’ telurnya.

Memanfaatkan Cuka Putih

Siapa sangka bahwa cuka putih dapat membasmi kutu dan telurnya. Memang cuka putih ini tidak dapat membunuhnya, tetapi dapat menghilangkan telur kutu dan induknya. Kandungan cuka putih yaitu antiseptik dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran, jamur bahkan bakteri. Cara menghilangkan telur kutu dengan cuka putih yaitu sebagai berikut:

  1. Sediakan cuka putih secukupnya
  2. Basuh rambut dan kulit kepala secara merata
  3. Pijat-pijat dengan lembut
  4. Tutup kepala dengan shower cup atau handuk
  5. Biarkan (diamkan) selama 30 menit
  6. Sisirlah dengan sisir serit
  7. Bilas rambut menggunakan shampo dan air bersih
  8. Lakukan hingga telur kutu dan induknya hilang (biasanya cukup 3 kali saja)

Demikianlah cara menghilangkan telur kutu secara alami. Semoga bermanfaat.

Baca juga Cara Menghilangkan Trypophobia.

Add Comment