13 Macam Bunga Kertas yang Cocok Untuk Taman di Rumah

Bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang populer. Dinamakan bunga kertas karena bunga yang dihasilkan tanaman ini mirip seperti kertas. Bunga kertas dikenal juga dengan nama bugenvil (dalam penulisan bahasa Inggris bougenville). Nama ini diambil dari seorang prajurit AL Perancis, Sir Louis Antoine de Bougainville.

Bunga kertas sangat mudah sekali dalam perawatannya. Spesies tumbuhan ini sangat cocok ditanam di daerah yang beriklim tropis seperti negara kita ini. Hanya dengan perawatan ringkas, penyiraman air setiap hari dan pemupukan, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga-bunga yang indah.

Tumbuhan asal Amerika Selatan ini sering ditanam di taman-taman. Bunga kertas mempunyai kebiasaan saat berbunga akan merontokkan sebagian daunnya.

1. Bunga Kertas California Gold

California Gold
home.arcor.de

Bunga kertas California Gold menghasilkan bunga yang berubah dari emas pucat sampai jingga-perunggu, karena ketika bunga ini mekar tidak lama kemudian menggugurkannya.

2. Bunga Kertas Gold Rush

Gold Rush
allthingsplants.com

Bunga Kertas Gold Rush memiliki warna kuning keemasan yang mencolok dan lebih terang dari varietas lainnya.

3. Bunga Kertas After Glow

After Glow
davesgarden.com

 

Bunga Kertas After Glow mekar berulang kali sepanjang tahun. Bunganya berwarna oranye, merah muda dan coral. Dedaunannya yang halus namun bertekstur berwarna hijau sepanjang tahun, namun sering menggugurkannya ketika berbunga.

4. Bunga Kertas Bambino Baby Allison

Baby Allison
davesgarden.com

Bunga kertas bambino baby allison berwarna merah muda. Mekar di akhir musim semi, awal musim panas, pertengahan musim panas, di akhir musim panas dan di awal musim gugur. Dedaunan berwarna hijau sepanjang tahun. Kebutuhan air rata-rata.

5. Bunga Kertas Bambino Baby Victoria

Baby Victoria
davesgarden.com

Bunga kertas bambino baby victoria mekar sepanjang tahun. Bunga yang mekar berwana magenta atau pink-ungu. Dedaunan berwana hijau sepanjang tahun dan beraneka ragam. Kebutuhan air rata-rata.

6. Bunga Kertas Bambino Baby Lauren

Baby Lauren
davesgarden.com

Bunga kertas bambino baby lauren hampir sama dengan varietas bambino baby allison, hanya saja berwarna ungu. Mekar di akhir musim semi, awal musim panas, pertengahan musim panas, di akhir musim panas dan di awal musim gugur. Dedaunan berwarna hijau sepanjang tahun. Kebutuhan air rata-rata.

7. Bunga Kertas Cherry Blossom

Cherry Blossom
davesgarden.com

Varietas cherry blossom, bunga yang mekar berwarna merah muda dan ada pula yang hampir putih. Mekar berulang kali di akhir musim semi, awal musim panas, pertengahan musim panas, di akhir musim panas dan di awal musim gugur.

8. Bunga Kertas Coconut Ice

Coconut Ice
davesgarden.com

 

Bunga dari varietas coconut ice berwarna-warni. Ada yang pink pucat, merah muda, ungu dan ada pula yang agak putih. Mekar sepanjang tahun. Dedaunan berwarna hijau.

9. Bunga Kertas Alexandra

Alexandra
homa.ancor.de

Bunga kertas alexandra berwarna ungu. Mekar sepanjang tahun, namun dedaunannya gugur. Kebutuhan air secukupnya, tidak baik ketika memberikan air yang berlebihan.

10. Bunga Kertas Barbara Karst

Baby Karst
www.dmkert.hu

 

Varietas ini bunganya mekar berulang kali sepanjang tahun. Berwarna magenta atau pink-ungu, merah dan scarlet atau merah tua. Dedaunan berwarna hijau sepanjang tahun dan bertekstur halus.

11. Bunga Kertas Bambino Ningili

Bambino Ningili
davesgarden.com

Bunga kertas varietas bambino ningili mekar berulang kali. Bunganya berwarna merah muda. Dedaunannya hijau sepanjang tahun.

12. Bunga Kertas Bambino Pedro

Bambino Pedro
davesgarden.com

 

Bunga kertas bambino pedro warnanya merah dan merah tua. Mekarnya berulang kali dan dedaunan berwarna hijau sepanjang tahun. Kebutuhan air rata-rata.

13. Bunga Kertas Bambino Majik

Bambino Majik
www.theosnursery.com

 

Bunga kertas varietas ini berwarna gradasi ungu ke putih. Bunganya mekar berulang kali dan dedaunan berwarna hijau sepanjang tahun. Air yang dibutuhkan secukupnya.